5 Cara Menggunakan LinkedIn untuk Mencari Pekerjaan

5 Cara Menggunakan LinkedIn untuk Mencari Pekerjaan (Freepik.com/ijeab)

JAKARTA - Saat ini mencari pekerjaan tampaknya jadi jauh lebih mudah. Hal ini karena ada banyak aplikasi atau situs yang memuat berbagai lowongan kerja, sehingga Anda tinggal klik ‘Lamar’ untuk melamar suatu lowongan kerja.

Salah satu situs lowongan kerja yang populer untuk mencari pekerjaan baru adalan LinkedIn. Platform LinkedIn penuh dengan peluang kerja.

Akan tetapi, sekadar memiliki prodil fi LinkedIn saja ternyata tidak cukup untuk memperoleh pekerjaan baru.

Untuk memaksimalkannya, Anda bisa menyimak beberapa cara berikut ini.

Cara Memanfaatkan LinkedIn untuk Mencari Kerja

1. Gunakan Job Board LinkedIn

Saat Anda mencari pekerjaan menggunakan Job Board LinkedIn, Anda memiliki beberapa cara untuk menyaring pekerjaan yang anda lihat.

Oleh karena itu, sebelum Anda melakukan penyesuaian untuk pertama kalinya, telusuri pekerjaan untuk mengetahui jenis peran dan perusahaan yang telah terdaftar.

Catat koneksi yang Anda miliki di perusahaan tersebut dan berapa lama pekerjaan tersebut diposting serta berapa banyak orang telah melamar. Fokus saja pada pekerjaan yang baru saja diposting. 

2. Filter Hasil Pencarian

Dalam halaman pencarian kerja LinkedIn, Anda dapat menyaring hasil pencarian berdasarkan berbagai fitur LinkedIn. Salah satu opsi yang dapat digunakan adalah dengan menyaring pekerjaan yang ditemukan pada jaringan Anda.

Hasil tersebut hanya akan menampilkan pekerjaan yang Anda memiliki koneksi LinkedIn saja. Jangkau koneksi tersebut sebelum melamar untuk mempelajari lebih lanjut tentang peluang kerja di perusahaan.

3. Cari Kerja Berdasarkan Keterampilan

Daripada fokus mencari jabatan yang sesuai, carilah berdasarkan keterampilan yang sudah Anda miliki dan Anda inginkan untuk peran berikutnya.

4. Cari dari Postingan

Orang-orang sering berbagi lowongan kerja di LinkedIn, tapi sayangnya tidak boleh menggunakan hashtag. Untuk mencari pekerjaan di LinkedIn yang tidak dilengkapi hashtag, Anda bisa mencari posisi pekerjaan tertentu di dalam postingan.

5. Cari Pekerjaan Remote

Anda dapat menemukan lebih banyak pekerjaan dengan mencari pekerjaan remote. Jika Anda mencari pekerjaan yang menawarkan opsi kerja jarak jauh, cobalah menggunakan opsi ‘Remote di salah satu opsinya atau ketik ‘Remote’ pada bilah untuk memasukkan nama kota.

Itu tadi cara menggunakan LinkedIn untuk memperoleh pekerjaan baru. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories