5 Cara Bijak Mengatur Uang dalam Kondisi Darurat

5 Cara Bijak Mengatur Uang dalam Kondisi Darurat (Freepik.com/drobotdean)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri beberapa barang kebutuhan sehari-hari yang naik membuat banyak orang jadi khawatir. Kondisi ketidakpastian ekonomi ini tentu juga dapat memengaruhi perencanaan keuangan Anda dalam jangka panjang. 

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal darurat, Anda perlu mengambil beberapa langkah untuk membangun keamanan finansial bagi diri Anda dan keluarga Anda. Anda perlu tetap waspada dalam membelanjakan uang dengan menerapkan cara mengatur uang berikut ini.

Cara Mengatur Uang dengan Bijak

1. Hindari Membeli Barang Secara Impulsif

Saat Anda ingin membeli sesuatu, jangan langsung melakukan pembayaran. Pikirkan ulang apakah Anda benar-benar ingin membeli barang tersebut. Apalagi saat ini sudah ada banyak e-commerce yang membuat Anda nyaman untuk belanja online yang akan membuat keuangan Anda terganggu jika Anda tidak mengaturnya dengan baik.

Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk menahan keinginan melakukan pembelian secara impulsif. Jika Anda benar-benar memerlukan barang tersebut, cobalah untuk membelinya dalam jumlah yang besar untuk menghemat biaya pengiriman.

2. Tingkatkan Jumlah Tabungan Dana Darurat

Anda perlu memiliki tabungan dana darurat yang cukup. Cobalah untuk melacak pengeluaran Anda selama sebulan, kemudian pastikan tabungan dana darurat Anda memiliki jumlah enam kali dari pengeluaran Anda sebulan tersebut.

3. Batalkan Langganan dan Keanggotaan yang Tidak perlu

Anda bisa mengetahui langganan bulanan apa yang tidak begitu Anda perlukan. Jika Anda tidak lagi bisa menggunakan gym, maka cobalah untuk membatalkan keanggotaan tersebut. Anda tetap bisa berolahraga di dalam rumah atau dengan jogging mengelilingi kompleks perumahan.

4. Perhatikan Asuransi Kesehatan Anda

Asuransi kesehatan sangat penting untuk Anda miliki untuk melindungi Anda jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti harus dirawat di rumah sakit. Apalagi jika terkena suatu penyakit, Anda perlu melakukan serangkaian tes yang tentu saja dapat menguras tabungan Anda.

5. Masak Makanan Anda

Dengan memasak makanan di rumah, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran daripada harus menggunakan layanan pesan antar atau makan di luar. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus meningkatkan keterampilan Anda dalam memasak. Siapa tahu, Anda justru bisa mendapatkan uang lewat keahlian Anda dalam memasak.

Itu tadi beberapa cara bijak mengelola keuangan dalam kondisi darurat.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories