Empat Tahun Kepemimpinan Koster-Ace, Ini Capaiannya di Bidang Pangan, Sandang, Papan

Wayan Koster. (Balinesua.id/ist)

Denpasar, Balinesia.id – Gubernur-Wakil Gubernur Bali, Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati membeberkan capaian kinerjanya selama empat tahun dalam Pidato Pencapaian Empat Tahun Kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali. Pidato tersebut dinyatakan di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Bali, Denpasar, Rabu, 28 September 2022.

Koster menjelaskan capaian pihaknya dalam memimpin Bali di bidang pangan, sandang, dan papan tergambar secara holistic dari hulu hingga ke hilir. Pada bagian hulu, ia mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Bali telah melakukan berbagai upaya untuk memproduksi, mengembangkan, memasarkan, dan memanfaatkan produk lokal Bali. 

Baca Juga:

“Pada bagian hulu, dikembangkan sistem pertanian organik untuk menghasilkan pangan yang sehat dan berkualitas,” katanya.

Pada bagian tengah pihaknya mengaku telah melakukan pendampingan, fasilitasi, dan edukasi kepada masyarakat.

Sedangkan, di bagian hilir Pemerintah Provinsi Bali juga telah meningkatkan penggunaan produk pertanian, perikanan, dan industri lokal Bali, antara lain berupa penggunaan busana adat Bali, penggunaan busana berbahan kain tenun endek atau kain tradisional lokal Bali.

Selanjutnya, ada pengembangan produk arak Bali dan produk berbahan arak Bali, pemanfaatan produk garam tradisional lokal Bali, dan produk lokal Bali lainnya. 

Capaian lainnya adalah memperluas akses pasar produk lokal Bali melalui Pameran IKM Bali Bangkit oleh Dekranasda Provinsi Bali bekerja sama dengan BPD Bali dan marketplace balimall.id. 

erakhir, pihaknya juga telah mengumpulkan pelaku usaha pariwisata dan telah berikrar untuk menggunakan produk lokal Bali. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories