343.104 Orang Hilir-Mudik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Selama Libur Lebaran

Pintu keberangkatan domestik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali. (Istimewa/dok)

Badung, Balinesia.id – Sebanyak 343.104 orang tercatat hilir-mudik melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali selama libur Lebaran tahun 2022, dari 29 April 2022 hingga 8 Mei 2022. Pergerakan penumpang tersebut diangkut oleh 2.447 unit pesawat, baik penerbangan domestik maupun internasional.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y Sikado, Senin, 9 Mei 2022 menjelaskan bahwa jumlah penumpang yang dilayani tersebut terdiri dari 279.079 orang penumpang pada penerbangan domestik dan 64.025 orang penumpang pada internasional, baik yang berangkat maupun mendarat.

“Khusus penerbangan domestic, kedatangan terbanyak tercatat pada tanggal 1 Mei 2022, yakni sebanyak 18.594 orang penumpang, sedangkan keberangkatan tertinggi terjadi pada tanggal 8 Mei 2022 dengan 19.461 orang penumpang,” katanya.

Baca Juga:

Peningkatan signifikan statistik lalu lintas angkutan udara Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dinilai disebabkan adanya libur panjang yang didukung orang-orang melakukan mobilisasi, serta adanya kemudahan persyaratan penerbangan sesuai regulasi pemerintah.

"Tiga rute asal tujuan terbanyak didominasi dari Jakarta sebanyak 159.569 orang penumpang, Surabaya sebanyak 45.655 orang penumpang, dan 14.637 orang penumpang dari rute Ujung Pandang, dari maskapai domestik yang mengangkut rata-rata memiliki rute tersebut sehingga mendukung proses penerbangan dari dan menuju ke Pulau Bali," katanya,

Ia mengatakan bahwa pihaknya pada momen libur Lebaran ini terjadi peningkatan jumlah penumpang dan pesawat udara beroperasi. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai telah melakukan persiapan khusus menghadapi lonjakan statistik tersebut dengan bersinergi bersama pemangku kepentingan dalam menciptakan keselamatan serta keamanan dan seluruh fasilitas dipastikan berfungsi baik.

"Kami menyiagakan posko terpadu angkutan lebaran yang melibatkan personil internal berserta unsur keamanan eksternal seperti TNI dan Polri, pada flow keberangkatan area drop zone terdapat dua lokasi yakni didaerah parkir premium dan depan terminal keberangkatan domestik," kata dia.

Per tanggal 9 Mei 2022 pihaknya mengatakan masih tampak adanya pergerakan penumpang yang cukup ramai, namun dengan prediksi di bawah dari trafik pada hari sebelumnya. Namun, pihaknya juga tetap berupaya memprioritaskan layanan terbaik, termasuk pengawasan untuk keselamatan serta keamanan pengguna jasa penerbangan.

"Berkaitan dengan hal itu juga, kami menyiagakan Posko Angkutan Udara Lebaran 1443 Hijriah hingga 10 Mei 2022, agar dapat mengantisipasi hal-hal yang mengganggu kelancaran penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali,” kata dia. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories