34 Pesawat VIP G20 Mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Pesawat Air Force One yang mengangkut Presiden Amerika Serikat, Joe Biden untuk menghadiri KTT G20 di Bali mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. (Balinesia.id/ist)

Badung, Balinesia.id – Sebanyak 34 unit pesawat VIP yang memuat utusan negara-negara peserta KTT G20 telah mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali. Puluhan unit pesawat tersebut mendarat pada rentang tanggal 13-15 Novemver 2022.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 15 November 2022 mengatakan dari tiga hari jadwal kedatangan utusan negara-negara anggota G20, kedatangan terbanyak terjadi pada Senin, 14 November 2022. 

Ia mengatakan, pada tanggal 13 November 2022, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani kedatangan 7 unit pesawat VIP delegasi KTT G20, dengan rincian 5 unit pesawat VIP delegasi kategori utama dari negara Indonesia, Rusia, Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan, serta 2 unit pesawat VIP delegasi kategori pendamping dari negara Prancis dan Amerika Serikat.

“Pada tanggal 14 November 2022, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali telah melayani kedatangan sebanyak 25 pesawat VIP delegasi KTT G20, dengan rincian 19 pesawat VIP delegasi kategori utama dari negara Senegal, Turki, Uni Emirat Arab, Australia, Rwanda sebanyak 2 pesawat, Kanada, Republik Rakyat Tiongkok, Argentina, Perancis, Afrika Selatan, Britania Raya, Kamboja, Spanyol, Italia, India, Jerman, Singapura, dan Belanda, serta 6 pesawat VIP delegasi kategori pendamping dari negara Turki, Uni Emirat Arab sebanyak 2 pesawat, Republik Rakyat Tiongkok, Spanyol, dan Australia,” jelas Faik Fahmi.

Baca Juga:

Selanjutnya, pada tanggal 15 November 2022, terdapat kedatangan 2 pesawat VIP delegasi KTT G20, yakni masing-masing 1 unit pesawat VIP delegasi kategori utama dan kategori pendamping dari negara Arab Saudi.

Faik Fahmi mengatakan, sesuai dengan rencana operasional penanganan pesawat VIP delegasi KTT G20, sebagian pesawat ada yang ditempatkan atau Remain Over Night (RON) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan 8 bandara Angkasa Pura I lainnya yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai bandara lokasi penempatan pesawat VIP Delegasi KTT G20 sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE 12 Tahun 2022.

"Keseluruhan pesawat VIP delegasi KTT G20 yang mengangkut kepala negara dan/atau kepala pemerintahan negara anggota G20 dan undangan sudah tiba di Bali. Kami turut mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh instansi yang terlibat dari awal perencanaan operasional, hingga hari H penanganan kedatangan delegasi," katanya.

Ia melanjutkan delapan bandara di bawah Angkasa Pura I yang telah ditetapkan sebagai bandara lokasi penempatan pesawat VVIP dan pendukung antara lain Bandara Internasional Lombok, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Angkasa Pura I secara khusus telah menyiapkan sebanyak 67 parking stand pesawat di sembilan bandara tersebut. Parking stand tersebut dari atas 28 parking stand yang diperuntukkan untuk pesawat berbadan lebar (wide body) dan 39 parking stand untuk pesawat berbadan sempit (narrow body). “Khusus di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Angkasa Pura I telah menyiapkan sebanyak 17 parking stand pesawat, dengan rincian 14 parking stand untuk pesawat berbadan lebar dan 3 parking stand untuk pesawat berbadan sempit,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories