3 Kesalahan Umum Investasi yang Harus Dihindari Investor

3 Kesalahan Umum Investasi yang Harus Dihindari Investor (Pexels / Mikhail Inov )

JAKARTA - Saat Anda pertama kali mulai melakukan investasi, mungkin akan ada beberapa ketegangan yang Anda rasakan. Apalagi, jika investasi yang Anda lakukan mulai seperti kurva yang meluncur sangat curam.

Anda mungkin melihat peluang investasi yang tampak menarik, tapi ternyata justru tidak berguna. Selain itu, mungkin Anda bisa salah mengatur waktu dan kehilangan uang, atau ketika Anda mendapati diri Anda berinvestasi pada sesuatu yang tidak begitu Anda pahami.

Meski begitu, dapat dimengerti bahwa pada kenyataannya kesalahan tidak bisa dihindari dalam berinvestasi, apalagi ketika Anda baru memulainya. Bahkan, investor terbaik melakukan hal tersebut dari waktu ke waktu.

Akan tetapi, sebetulnya beberapa kesalahan tertentu mudah dihindari. Anda juga dapat memahami kesalahan orang lain dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang. Anda juga bisa mencoba menghindari beberapa kesalahan investasi umum seperti berikut, seperti yang dilansir dari ABC.

Kesalahan Investasi yang Umum Dilakukan Banyak Orang

1. Tidak Memiliki Strategi Investasi yang Jelas

Pada umumnya, investor pemula tidak memiliki strategi atau rencana nyata. Hal itu juga akan menyeret ke kesalahan berikutnya yaitu tidak terlalu mendiversifikasi instrumen investasi yang akhirnya justru mengekspos diri Anda pada banyak risiko.

Selain itu, penting juga Anda mengetahui perusahaan yang sahamnya Anda beli sehingga Anda memiliki pemahaman dan alasan kuat untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut. Jika hal itu tidak Anda lakukan, maka Anda seperti sedang berjudi.

2. Berharap Menjadi Kaya dengan Cepat

Saham memang telah menjadi pilihan investasi bagi banyak orang. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa pasar saham bisa berfluktuasi secara liar.

Ketika berbicara soal naik turunnya pasar, Anda perlu memahami bahwa perekonomian naik dan turun. Meski saham, properti, dan pilihan investasi lainnya ada yang meningkat akhir-akhirnya, perlu diingat juga bahwa harganya bisa jadi turun.

3. Tidak Berinvestasi Sama Sekali

Salah satu penyesalan terbesar yang mungkin dialami oleh banyak orang adalah tidak mulai berinvestasi dari awal. Hal tersebut ternyata merupakan kesalahan yang sangat merugikan.

Berinvestasi dapat menjadi suatu upaya untuk meningkatkan kekayaan Anda dan mempertahankan nilai uang yang Anda miliki.

Itu tadi beberapa kesalahan investasi yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Meski begitu, tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa mencoba dan belajar dengan hati-hati agar keuangan Anda bisa tetap terjaga.

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories