26 Lembaga Adat-Budaya di Badung Terima Hibah

Penyerahan dana hibah pada komunitas adat di Kabupaten Badung. (Balinesia.id/IST)

Badung, Balinesia.id – Sebanyak 26 lembaga yang bergerak di bidang pelestarian seni, budaya, adat, dan agama digelontor dana hibah oleh Pemerintah Kabupaten Badung. Keseluruhan, dana yang dihibahkan kepada puluhan lembaga tersebut sebesar Rp 1,7 miliar lebih.

Sekretaris Daerah (Sekda) Badung, I Wayan Adi Arnawa menerangkan 26 lembaga adat yang diberi hibah paling banyak berupa komunitas yang bergerak di bidang pelestarian nyanyian suci Agama Hindu, yakni 24 buah sekaa kidung dan sebuah sekaa santi. Sedangkan satu komunitas lainnya adalah sekaa gong, yakni komunitas yang bergerak di bidang gambelan. 

Mereka yang menerima hibah telah terdaftar di pemerintah melalui Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dan telah mengajukan permohonan bantuan melalui proposal. “Ini salah satu program dan kebijakan Bupati Badung terkait pelestarian seni, adat, agama dan budaya,” katanya di Badung, Jumat, 5 Mei 2023.

Baca Juga:

Ia menegaskan bahwa pelestarian seni, budaya, adat, dan agama merupakan prioritas pembanguunan Pemerintah Kabupaten Badung. Pihaknya menyadari Kabupaten Badung yang hidup dari sektor pariwisata tidak dapat dilepaskan dari budaya. “Budaya yang menjadi jangkarnya pariwisata di Badung dan Bali,” katanyua.

Oleh karena itulah, pihaknya berkomitmen akan selalu hadir pada organisasi-organisasi kemasyarakat terlebih lagi organisasi yang bergerak dibidang seni dan budaya ini. “Mudah-mudahan dengan bantuan ini akan memberikan motivasi dan semangat kepada sekaa-sekaa di Badung untuk tetap melaksanakan swadarmanya dalam mendukung kegiatan adat dan keagamaan,” kata dia.

Baca Juga:

Sementara itu, Kadis Kebudayaan Badung, I Gede Eka Sudarwitha menjelaskan dana hibah yang diberikan kepada lembaga adat berdasarkan mengajukan proposal kepada Pemkab Badung. Selain untuk melestarikan budaya, hibah yang diberikan diharap dapat meningkatkan kekompakan anggota sekaa sehingga swadarma ayah-ayahan dapat berjalan dengan baik.

“Tujuan kegiatan ini sebagai implementasi visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Badung dalam memperkokoh kerukunan hidup bermasyarakat dalam jalinan keragaman adat, budaya, dan agama. Adapun hibah yang diberikan mulai dari besaran Rp 9,8 juta hingga Rp 140 juta lebih. Ada pula satu hibah gong senilai Rp 240 juta, dengan total Rp 1,7 miliar lebih,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana
Tags budayaBali badungBagikan

Related Stories