10 Ritual Unik Atlet Olimpiade Paris 2024 Sebelum Bertanding

10 Ritual Unik Atlet Olimpiade Paris 2024 Sebelum Bertanding (www.instagram.com/rafaelnadal)

JAKARTA – Tidak dipungkiri, para atlet dapat mengalami perasaa grogi dan gugup sebelum bertanding. Hal itu memang suatu reaksi alami terhadap stres dan tekanan. Ketika mereka merasa terbebani, otak mengirimkan sinyal dari kelenjar pituitari ke kelenjar adrenal, yang kemudian melepaskan adrenalin.

Akibatnya, tubuh bereaksi dengan meningkatkan sirkulasi darah ke jantung dan otot, menyebabkan rasa gugup dan detak jantung yang cepat.

Baik mengetuk kayu maupun menabur garam di atas bahu, kebanyakan orang memiliki satu atau dua takhayul. Namun, apa pun kepercayaan Anda, takhayul dapat memberikan makna pada sifat kehidupan yang sering kali acak dan membuat orang merasa memiliki kendali.

Lantas, kebiasaan unik dan kepercayaan apa yang dilakukan beberapa atlet Olimpiade dalam usaha mengendalikan takdir mereka di Olimpiade Paris 2024? Yuk, simak artikel berikut!

Kebiasaan Unik dan Ritual Para Atlet Olimpiade 2024

Dilansir dari Olympics, berikut ini kebiasaan unik dan ritual para atlet Olimpiade, antara lain:

1. Rafael Nadal

Juara Grand Slam 22 kali Rafael Nadal, petenis Spanyol itu mandi air dingin tepat 45 menit sebelum bertanding. Ia menyiapkan dua jenis minuman, yaitu air putih dan minuman energi. Pertama, ia akan meminum minuman energi, kemudian baru air putih.

Ia juga memastikan kaus kakinya selalu setinggi yang sama. Biasanya, ia membawa satu raket di tangan dan lima raket di dalam tas saat memasuki lapangan. Saat melakukan tos koin, Nadal juga sering melompat-lompat di depan net.

Menariknya, sebelum melakukan servis, ia memiliki empat kebiasaan yang harus dilakukan. Pertama, ia akan merapikan celana dalamnya. Kemudian, ia mencubit kaus di area pundak. Setelah itu, ia memegang hidungnya. Terakhir, ia akan menyisir rambut ke belakang kedua telinga.

2. Naomi Osaka

Naomi Osaka, yang telah memenangkan Grand Slam empat kali, sangat memperhatikan botol airnya saat bertanding. Ritualnya melibatkan penataan botol dengan tepat, memastikan botol-botol tersebut menghadap ke arah yang sama dan disusun dalam urutan tertentu. Petenis tunggal putri Jepang itu ingin botol air minumnya benar-benar lurus. 

3. Gianmarco Tamberi

Gianmarco Tamberi adalah salah satu atlet terhebat di cabang olahraga lompat tinggi. Atlet tersebut melakukan ritual unik yang dipercaya memberi keberuntungan saat bertanding. Dia menjadi stlet dengan ciri khas jenggot setengahnya.

Atlet berusia 32 tahun tersebut akan mencukur setengah jenggotnya selama fase kualifikasi dan mencukur seluruhnya jika ia berhasil mencapai final. Ritual unik ini ia lakukan sebagai bentuk hiburan untuk penonton.

4. Carissa Moore

Peselancar Amerika yang telah lima kali menjadi juara dunia memiliki takhayul unik. Peselancar yang dijuluki Ratu Selancar Hawaii ini kembali mengikuti Olimpiade Paris 2024 sebagai juara bertahan.

Juara Olimpiade Tokyo 2020 itu sangat yakin bahwa kaus kaki suaminya akan memberinya keberuntungan saat berselancar. Menariknya, semua kekalahan Moore terjadi ketika ia tidak mengenakan kaus kaki keberuntungan tersebut.

5. Vashti Cunningham

Pelompat tinggi Amerika Vashti Cunningham harus menonton film Kill Bill pada malam sebelum bertanding. Selain itu, atlet yang berusia 26 tahun tersebut juga mengikuti sesi belajar Alkitab dengan ayahnya sebelum pertandingan.

6. Darlan Souza

Berbeda dengan atlet lain, pemain bola voli Brasil Darlan Souza tergolong memiliki ritual paling anti mainstream. Pevoli berusia 22 tahun ini adalah penggemar anime, terutama Naruto. Sebagai penggemar sejati, setiap kali akan melakukan servis, pemain yang berposisi opposite selalu menggunakan gerakan jutsu yang terinspirasi dari Naruto.

7. Daniil Medvedev

Bagi Daniil Medvedev, waktu adalah segalanya. Atlet tersebut bersikeras makan tepat dua jam tiga puluh menit sebelum pertandingannya, karena ia yakin waktu yang tepat ini krusial bagi penampilannya. Ia selalu makan tepat dua jam 30 menit sebelum pertandingan. Tidak bisa lebih awal atau lebih lambat sedetik pun. Cukup sekali.

8. Nelly Korda

Pegolf Amerika Serikat juara Olimpiade Nelly Korda selalu memakai tiga tee di rambutnya, menggantinya hanya jika tee tersebut putus.

9. Anthony Jeanjean

Pesepeda gaya bebas BMX Prancis Anthony Jeanjean memakai kalung taurus untuk kompetisi, penghormatan kepada tanda astrologinya dan maskot kota asalnya, Beziers.

10. Melissa Stockwell

Atlet triatlon Paralimpiade Melissa Stockwell membawa dinosaurus keberuntungan yang diberikan oleh putranya untuk keberuntungan.

Demikian kebiasaan unik dan ritual para atlet Olimpiade. Dan, saat Anda bersiap untuk menonton atlet Olimpiade favorit Anda di Paris 2024, perhatikan baik-baik. Anda mungkin akan melihat beberapa jimat keberuntungan di sana-sini.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 09 Aug 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories