10 Atlet Berpendapatan Terbesar di Olimpiade Paris 2024

Atlet dengan gaji tertinggi di Olimpiade Paris 2024. (nine.com.au)

JAKARTA – Saat ini Paris menjadi pusat perhatian para atlet terbaik dari seluruh dunia selama dua minggu ke depan, dengan diselenggarakannya Olimpiade 2024. Atlet pelari, perenang, pemain basket, bintang sepak bola, pesenam, dan banyak tokoh olahraga lainnya bersaing untuk meraih medali emas.

Ketika Olimpiade pertama kali dimulai, para atletnya masih amatir dan kompetisi sangat berbeda dibandingkan dengan era modern. Pada tahun 1896, tidak ada yang membayangkan bahwa atlet yang akan berlaga di Paris 2024 berasal dari cabang olahraga yang menghasilkan lebih dari US$45 juta dalam setahun saja.

Dilansir dari The Sporting News, meskipun tidak ada hadiah uang tunai yang ditawarkan di Olimpiade, setiap medali memiliki nilai moneter, namun kenangan yang terkait dengan prestasi tersebut jauh lebih berharga.

Selain itu, atlet Olimpiade dapat memanfaatkan platform ini untuk menarik perhatian lebih banyak penonton, yang berpotensi membuka peluang untuk kesepakatan dukungan di masa depan jika mereka menjadi bintang dalam bidangnya.

Itu tidak berarti tidak ada atlet dengan kekayaan bersih tinggi di pertandingan ini. Ada banyak multijutawan yang berkompetisi di Olimpiade 2024, yang ingin menambahkan medali emas ke dalam daftar riwayat hidup mereka.

LeBron James adalah atlet Amerika dengan bayaran tertinggi tampil di Prancis, namun dia bukan atlet dengan bayaran tertinggi secara keseluruhan.

Bintang Lakers ini telah mengumpulkan banyak uang selama karier NBA-nya dan berambisi untuk menambah medali emas ketiga dalam koleksinya bersama Tim AS. Selain itu, ia juga akan menjadi pembawa bendera pria untuk Amerika Serikat pada Upacara Pembukaan.

Dilansir dari Observer, sebagian besar pendapatan atlet yang bermain di Olimpiade 2024 berasal dari liga olahraga dan dukungan merek, dengan pembayaran yang sangat bervariasi menurut cabang olahraga. Atlet Olimpiade berpenghasilan tinggi pada tahun 2024 didominasi oleh pemain basket dan pegolf.

Lantas, atlet siapa saja yang mendapatkan bayaran tertinggi dalam Olimpiade Paris 2024? Yuk, simak artikel berikut!

Atlet dengan Gaji Tertinggi di Olimpiade Paris 2024

Dilansir dari Wide World of Sports, berikut daftar 10 atlet dengan bayaran tertinggi yang ikut serta dalam Olimpiade Paris 2024

1. Jon Rahm

Jon Rahm. (nine.com.au)

Jon Rahm tampil menawan sebagai atlet bayaran tertinggi yang berkompetisi di Olimpiade Paris 2024. Pegolf bintang Amerika ini memperoleh penghasilan sebesar US$190 juta di lapangan setiap tahunnya, ditambah penghasilan sampingan US$20 juta di luar lapangan.

Ini menghasilkan total US$210 juta per tahun. Selain itu, Rahm memiliki saham kepemilikan sebesar 25% di kompetisi LIV Golf. Bonus tanda tangannya tahun lalu dilaporkan sebesar $900 juta AUD.

2. LeBron James

LeBron James saat ini adalah satu-satunya miliarder yang berlaga di Olimpiade 2024. Namun, sebagian besar kekayaan bersih pemain Amerika ini yang diperkirakan mencapai US$1,2 miliar sebenarnya tidak berasal dari olahraga, melainkan dari kesepakatan dukungan dengan merek-merek seperti Nike (NKE) dan AT&T serta usaha bisnisnya, termasuk investasinya di Fenway Sports Group.

Selama setahun terakhir, ia telah menghasilkan US$128 juta—US$48,2 juta dari gajinya sebagai pemain Los Angeles Lakers di NBA dan US$80 juta dari proyek-proyek di luar lapangan.

3. Steph Curry

Steph Curry adalah salah satu dari banyak atlet elit Amerika yang berada di Paris untuk mengejar prestasi di dunia basket. Ia menghasilkan US$101,9 juta per tahun, dengan hampir setengahnya diperoleh dari kesepakatan di luar lapangan.

Namun, Curry masih belum memiliki satu hal dalam resumenya yang mengesankan, yaitu medali emas Olimpiade. Sebagai bagian penting dari Tim AS di Paris, ia memiliki peluang besar untuk meraih medali tersebut.

4. Giannis Antetokounmpo

Giannis Antetokounmpo, pemain Milwaukee Bucks di NBA, akan menjadi bintang tim Yunani dalam bola basket dan merupakan atlet dengan bayaran tertinggi. Ia menghasilkan US$100,8 juta setiap tahun, dengan dukungan yang diterimanya dalam beberapa tahun terakhir membantu meningkatkan pendapatannya di lapangan.

Dengan kesepakatan bersama Pepsi dan rencana merilis sepatu kets keenam pada tahun 2024, Antetokounmpo akan terus melanjutkan kebangkitannya.

5. Kevin Durant

Kevin Durant. (observer)

Dengan pendapatan tahunan sebesar US$89,7 juta, bintang NBA pemenang kejuaraan ini akan mengejar medali emas Olimpiade keempatnya untuk menambah koleksi prestasinya yang sudah mengesankan.

6. Rory McIlroy

Rory McIlroy dari Irlandia Utara berada di Paris untuk Olimpiade keduanya. Pegolf peringkat 3 dunia itu melewatkan kesempatan besar di Tokyo 2020 untuk meraih medali perunggu. Ia kalah dalam playoff yang diikuti tujuh orang untuk memperebutkan medali tersebut. Pada Senin pagi, ia finis di posisi kelima dan nyaris mendapatkan medali di Paris.

Namun, dengan pendapatan tahunan sebesar US$77,9 juta, saldo bank McIlroy menjadi hadiah hiburan yang cukup berarti.

7. Scottie Scheffler

Scottie Scheffler menghasilkan US$62,6 juta setiap tahun. Meski pegolf nomor 1 dunia ini jauh dari amatir, ini akan menjadi kali pertamanya berkompetisi di Olimpiade, setelah olahraga golf kembali diperkenalkan di Rio 2016, hal itu kemudian mengakhiri jeda 112 tahun dari Olimpiade. Kesempatan ini memungkinkan atlet seperti Scheffler untuk mewakili negaranya di luar dunia golf yang penuh dengan uang besar.

Scheffler telah memenangi 12 turnamen PGA Tour, dua Kejuaraan Utama, dan dua Kejuaraan Pemain, tetapi medali emas akan menjadi fokus utamanya pada bulan Agustus. Pada Senin pagi, ia berlari di atas lapangan Olimpiade untuk mengklaim medali emas.

8. Joel Embiid

Joel Embiid, bintang NBA dari Philadelphia 76ers, melakukan debut Olimpiade di Paris untuk Amerika. Meskipun timnya diisi oleh banyak peraih medali emas, Embiid belum merasakan kejayaan tersebut, namun saldo banknya bisa bersaing dengan bintang-bintang terbesar mereka. Ia menghasilkan pendapatan tahunan yang mengesankan sebesar US$57,7 juta.

9. Nikola Jokic

Nikola Jokic berkompetisi untuk Serbia, menghadapi bintang-bintang Amerika yang telah banyak ia kalahkan di level NBA. Jokic belum memiliki medali emas atau medali lainnya dalam resumenya, tetapi ia memimpin tim yang kuat dan berpotensi meraih medali.

Dengan penghasilan tahunan sebesar US$54,7 juta, Jokic masih sangat berambisi untuk menambah medali emas ke dalam koleksi penghargaan NBA-nya, termasuk gelar pemain paling berharga liga pada tahun 2021, 2022, dan 2024.

10. Devin Booker

Devin Booker. (nine.com.au)

Tren yang jelas mulai terlihat dengan pemain basket NBA mendominasi sepuluh besar. Booker menghasilkan US$48,1 juta AUD per musim bersama Phoenix Suns.

Bagi Booker, satu-satunya hal yang mengkilap adalah emas. Setelah memenangkan medali emas dalam debutnya bersama tim AS di Tokyo 2020, dia sangat lapar untuk meraih sukses lagi. Tim AS kali ini memiliki para pemain Olimpiade yang sangat berbakat dan kaya.

Demikian, atlet dengan gaji tertinggi di Olimpiade Paris 2024.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 07 Aug 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories