Wujudkan Green Hospital, RSUP Sanglah Tanam Cempaka Langka

Selasa, 11 Januari 2022 05:39 WIB

Penulis:E. Ariana

Editor:E. Ariana

Sanglah.jpg
Manajemen RSUP Sanglah Denpasar menanam cempaka langka di areal Pura Cadhu Sakti. (Balinesia/jpd)

Denpasar, Balinesia.id - RSUP Sanglah Denpasar komitmen mewujudkan dirinya sebagai green hospital (rumah sakit hijau). Komitmen itu ditunjukkan melalui penanaman cempaka langka di areal Pura Cadhu Sakti di rumah sakit setempat, Senin, 10 Januari 2022.

Direktur Utama RSUP Sanglah Denpasar, I Wayan Sudana, mengatakan penanam pohon yang dilakukan pihaknya hanya sebagian kecil dari implementasi konsep green hospital.

"Konsep green hospital yang didengungkan Kemenkes RI itu cakupannya luas sekali, dari perancangan hingga manajemen rumah sakit, di samping konsep yang mengorientasikan rumah sakit sebagai bangunan berwawasan lingkungan dan jawaban atas tuntutan kebutuhan layanan dan pelayanan paripurna, serta berbasis kenyamanan dan keamanan lingkungan," katanya.

Baca Juga: https://balinesia.id/read/ksp-dorong-karantina-lebih-disiplin-dan-sesuai-protokol-saat-ibadah-umroh

Ia menjelaskan, pada kesempatan tersebut pihaknya menanam tiga jenis pohon cempaka langka, yakni cempaka putih, cempaka merah, dan cempaka hitam. Cempaka-cempaka tersebut sengaja dipilih ditanam di kawasan Pura Cadhu Sakti dengan harapan bisa menambah kerindangan kawasan tersebut, serta jika sudah berbunga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan sembahyang umat Hindu di sana.

"Penanaman ini juga sekaligus mewujudkan falsafah Tri Hita Karana di RSUP Sanglah. Dari sisi lingkungan, karena yang kami tanam adalah tanaman langka, maka ini juga sebagai langkah konservasi tanaman lokal," katanya.

Baca Juga: https://balinesia.id/read/kkp-siapkan-anggaran-rp-378-miliar-dukung-program-unggulan-hingga-kelola-ruang-laut

Sudana berharap kegiatan yang terselenggara atas kerja sama manajemen rumah sakit  dengan KSM (Bag.) THT RSUP Sanglah Denpasar dapat terus bergulir secara konsisten dengan melibatkan seluruh bagian rumah sakit. "Dengan demikian tanaman yang bisa kita tanam juga akan semakin beragam," imbuhnya. jpd