Intip Sederet Keuntungan Ikut PPG Bagi Guru

Rabu, 16 Oktober 2024 17:33 WIB

Penulis:Redaksi

Editor:Redaksi

Intip Sederet Keuntungan Ikut PPG Bagi Guru
Intip Sederet Keuntungan Ikut PPG Bagi Guru (Freepik)

JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, 

Program ini diketahui dirancang khusus untuk meningkatkan kompetensi guru di berbagai jenjang pendidikan, baik bagi lulusan sarjana pendidikan maupun non-pendidikan, yang ingin berkarier di dunia pendidikan.

PPG tidak hanya memberi bekal pengetahuan teori, tetapi juga menekankan praktik langsung dalam proses belajar-mengajar. Program ini bertujuan membentuk generasi guru profesional yang siap menghadapi tantangan pendidikan modern, serta memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

Pengalaman Peserta PPG

Ade Ronita, salah satu peserta PPG Prajabatan 2023 dari Universitas Negeri Padang (UNP), mengungkapkan bahwa program ini memberinya kepercayaan diri yang lebih besar dalam mengajar.

“Program ini berbeda dengan perkuliahan biasa. Dulu ketika mencoba praktik mengajar, saya merasa grogi karena belum punya pengalaman. Namun melalui PPG keterampilan mengajar kita diasah sehingga saya sekarang lebih percaya diri,” terang Ade dilansir laman resmi Kemendikbud, Jumat,11 Oktober 2024.

Pengalaman serupa juga dirasakan oleh Juli Afriadi, lulusan PPG Prajabatan 2022 dari Program Studi Matematika di UNP. Ia mengapresiasi sistem pembelajaran di PPG yang memungkinkan peserta untuk melakukan praktik langsung di kelas serta melakukan refleksi mendalam terhadap proses belajar mengajar. 

“Sebelum mengikuti PPG, saya merasa grogi ketika praktik mengajar. Sekarang saya lebih siap mental menghadapi segala tantangan. Skills mengajar saya meningkat karena telah dibekali teori yang memadai dan teori tersebut bisa dipraktikkan langsung. Apabila menemui permasalahan di lapangan menariknya hal ini menjadi bahan diskusi yang antarsesama mahasiswa maupun dosen/pamong,” tambah Juli.

Manfaat Bagi Lulusan PPG

Lulusan PPG tidak hanya mendapatkan pengakuan sebagai guru profesional melalui gelar S.Pd., Gr, tetapi juga sejumlah manfaat lainnya. Di antaranya:

Peningkatan Kompetensi Mengajar: Lulusan PPG dibekali keterampilan mengajar mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan di kelas, hingga manajemen kelas yang baik. Ini membuat mereka lebih siap dalam menghadapi dinamika proses pendidikan yang semakin kompleks.

Sertifikat Keahlian: Para lulusan juga mendapatkan sertifikat keahlian di bidang pendidikan tertentu, yang menjadi bukti bahwa mereka telah mengikuti dan menyelesaikan program ini dengan baik.

Peluang Menjadi PNS: Lulusan PPG memiliki peluang lebih besar untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui jalur seleksi yang lebih mudah. Hal ini menjadi salah satu daya tarik utama bagi para calon guru yang ingin memperoleh status sebagai aparatur sipil negara.

Pendidikan Bersubsidi: Salah satu keunggulan dari program PPG adalah subsidi dari pemerintah, yang mencakup biaya pendidikan serta biaya hidup dan transportasi selama menjalani program ini. Hal ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi peserta PPG, terutama bagi mereka yang berasal dari latar belakang ekonomi terbatas.

Tunjangan Sertifikasi: Setelah lulus dari program PPG dan memperoleh sertifikat, para guru berhak mendapatkan tunjangan sertifikasi yang akan meningkatkan kesejahteraan mereka sebagai pendidik.

Kesempatan Internasional: Lulusan PPG juga berkesempatan untuk menjadi guru garis depan atau guru Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN). Dengan posisi ini, mereka dapat mengajar di luar negeri dan menikmati berbagai manfaat tambahan, termasuk gaji dan fasilitas yang lebih baik.

Jaringan Profesional: Program PPG membuka peluang bagi peserta untuk membangun relasi dengan guru-guru lain dari berbagai daerah. Jaringan ini penting untuk saling berbagi pengalaman, solusi, dan inspirasi dalam menghadapi tantangan pendidikan di Indonesia.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Imam Hatami pada 12 Oct 2024