Ingin Beli iPhone 16 Baru? Ini Cara Pindahkan Data dari Ponsel Android Anda ke iOS

Senin, 14 Oktober 2024 17:01 WIB

Penulis:Justina Nur Landhiani

Ingin Beli iPhone 16 Baru? Ini Cara Pindahkan Data dari Ponsel Android Anda ke iOS
Ingin Beli iPhone 16 Baru? Ini Cara Pindahkan Data dari Ponsel Android Anda ke iOS (Apple)

JAKARTA - Baru-baru ini iPhone 16 telah dirilis, bahkan pre-order mulai dibuka. Meski begitu, seperti yang Anda ketahui hingga kini masyarakat Indonesia masih belum bisa membeli iPhone 16 secara resmi karena karena masih dalam proses pengurusan TKDN yang menjadi salah satu syarat importasi telepon seluler.

Terlepas dari hal itu, jika Anda berencana untuk membeli iPhone 16 dan beralih dari ponsel Android, Anda bisa bersiap-siap dengan mengetahui cara memindahkan atau transfer data dari ponsel Android ke iOS agar nanti ketika iPhone 16 sudah ada di tangan Anda, Anda bisa menggunakannya dengan lancar.

Meskipun memindahkan data terlihat mudah, beralih dari ponsel Android ke iOS bisa menjadi perubahan besar. Selain itu, prosesnya juga berbeda dari cara kita memindahkan data di antara perangkat Android atau iOS.

Berikut langkah-langkah untuk memindahkan data dari ponsel Android ke iPhone 16.

Cara Transfer Data dari Ponsel Android ke iPhone 16

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memindahkan data dari Android ke iOS adalah sebagai berikut.

  • Pertama, pastikan Android dan iPhone sudah diperbarui ke versi sistem operasi terbaru dan terhubung ke WiFi agar proses berjalan lancar.
  • Kemudian, pastikan kedua perangkat terhubung ke pengisi daya karena proses transfer bisa memakan waktu. Anda juga perlu memastikan iPhone baru Anda memiliki cukup storage untuk menampung semua data yang akan dipindahkan dari Android.

Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah memindahkan data dari ponsel Android ke iPhone, yaitu sebagai berikut.

  1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda dan instal aplikasi "Move to iOS."
  2. Aktifkan iPhone baru Anda dan ikuti petunjuk di layar untuk melakukan pengaturan awal.
  3. Saat Anda mencapai langkah “Apps & Data”, pilih opsi “Move Data from Android”.
  4. Buka aplikasi "Move to iOS" di Android, ketuk tombol “Lanjutkan” dan pastikan kedua perangkat terhubung satu sama lain.
  5. Ikuti petunjuk di layar. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih jenis data yang ingin dipindahkan dari Android ke iPhone. Aplikasi ini memungkinkan Anda memindahkan kontak, pesan, foto, video, dan beberapa file lainnya.
  6. Setelah memilih jenis data, mulai proses transfer yang mungkin memakan waktu tergantung pada ukuran data yang dipindahkan.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memindahkan data dari ponsel Android ke iOS apalagi ketika Anda membeli iPhone 16 baru.