​​7 Kebiasaan yang Akan Menghambat Kesuksesan Anda

Rabu, 09 Oktober 2024 18:50 WIB

Penulis:Justina Nur Landhiani

​​7 Kebiasaan yang Akan Menghambat Kesuksesan Anda
​​7 Kebiasaan yang Akan Menghambat Kesuksesan Anda (Freepik.com)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri, semua orang tentu ingin meraih kesuksesan. Namun, ternyata di perjalanan meraih kesuksesan, ada berbagai hambatan yang dapat mencegah Anda meraih keberhasilan.

Nyatanya, hambatan itu ada yang berasal dari kebiasaan-kebiasaan yang sudah melekat dalam kehidupan kita sehari-hari. Kadang-kadang, kita lebih cenderung mengkritik kebiasaan buruk orang lain tanpa menyadari bahwa kita juga memiliki kebiasaan yang sama buruknya, atau bahkan lebih buruk.

Mengubah kebiasaan sehari-hari adalah langkah pertama untuk meraih kesuksesan dari kemakmuran. Jika Anda ingin berubah menjadi lebih baik, tentu Anda perlu mengevaluasi kebiasaan dan memperbaiki kebiasaan yang negatif.

Berikut beberapa kebiasaan yang sering kali tidak Anda sadari, namun bisa menguras energi Anda dan menghambat pertumbuhan serta kesuksesan Anda, seperti yang dilansir dari StartUs Magazine.

Kebiasaan yang Akan Menghambat Kesuksesan Anda

1. Mencari Persetujuan yang Tidak Diperlukan

Orangtua kerap mengajarkan anak-anak mereka untuk selalu mendapatkan persetujuan dari orang dewasa. Setiap langkah kecil yang anak-anak ambil diharapkan mendapatkan pujian.

Namun, kebiasaan ini ternyata tidak hilang meski kita sudah dewasa. Orang dewasa sering merasa kurang dihargai jika bos tidak memuji mereka, atau jika pasangan hidup tidak menghargai usaha mereka. Kebiasaan ini pada akhirnya dapat menghambat produktivitas dan pertumbuhan.

2. Membiarkan Diri Terlalu Terbebani

Mungkin Anda merasa terjebak dengan pekerjaan karena terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan dan terlalu sedikit waktu untuk diri Anda sendiri. Namun, perlu Anda ketahui bahwa orang-orang sukses justru meluangkan banyak waktu untuk diri mereka sendiri, seperti berlibur, membaca buku motivasi, berolahraga secara teratur, dan melakukan hal-hal yang dapat menjaga kesehatan kebahagiaan mereka. Hal ini membantu mereka tetap produktif dan bahagia dalam pekerjaan dan kehidupan.

3. Menunda-nunda

Banyak orang gagal karena mereka menunggu waktu yang tepat untuk bertindak. Jangan jadi seperti mereka, ambil tindakan sekarang dan raih peluang yang akan datang. Jika Anda gagal di satu usaha, Anda pasti akan sukses di usaha yang lain.

4. Perfeksionisme

Apakah Anda seorang perfeksionis? Jika iya, saatnya Anda meninggalkan kebiasaan tersebut.

Penting untuk menerima bahwa Anda, karyawan Anda, dan orang-orang di sekitar Anda adalah manusia yang memiliki keterbatasan. Tidak ada pekerjaan, bisnis, karier, keluarga atau kehidupan yang sempurna.

Kunci kesuksesan adalah melakukan yang terbaik dan membiarkan orang lain membantu hal-hal yang tidak Anda kuasai, lalu menerima bahwa beberapa hal memang tidak bisa diperbaiki.

5. Terlalu Fokus pada Hal-hal yang Bukan Menjadi Prioritas

Apa prioritas Anda dalam hidup? Apakah Anda ingin kembali bersekolah atau ingin menyisihkan waktu untuk usaha sampingan?

Apakah Anda melakukan berbagai kegiatan yang mendukung Anda meraih tujuan Anda tersebut atau justru menghabiskan terlalu banyak waktu menonton serial TV? Jika iya, Anda perlu menyingkirkan hal-hal tersebut yang menghalangi Anda untuk mencapai prioritas utama. Jika komputer atau ponsel menghambat Anda, maka jauhkanlah. Jika Anda terlalu banyak berpesta atau mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat maka kendalikan.

6. Terlalu Bekerja

Jangan bekerja terlalu keras untuk membuat semuanya berjalan lancar, karena hal-hal itu akan tetap berjalan walau tanpa campur tangan Anda. Lakukan yang terbaik, lalu delegasikan sisanya. Ingat, jika Anda meninggal hari ini, seseorang tetap akan ada duduk di meja yang Anda tempati sekarang. Jadi, berhentilah bekerja terlalu keras dan luangkan waktu untuk hal-hal lainnya.

7. Sikap Tahu Segalanya

Anda mungkin adalah orang yang terdidik dan memiliki banyak koneksi, tapi hal itu tidak berarti Anda tahu segalanya. Memberi orang lain kesempatan untuk menantang pengetahuan Anda dan memberi saran sesekali penting untuk pertumbuhan Anda. Meski seseorang tersebut lebih mudah atau memiliki karier yang tampaknya lebih rendah dari Anda, jangan langsung menolak pendapat mereka.

Itu tadi beberapa kebiasaan yang akan menghambat Anda meraih kesuksesan. Apakah Anda masih melakukannya?