5 Cara Ampuh Menghemat Uang dari Gaji Pas-pasan

Rabu, 25 September 2024 12:46 WIB

Penulis:Justina Nur Landhiani

5 Cara Ampuh Menghemat Uang dari Gaji Pas-pasan
5 Cara Ampuh Menghemat Uang dari Gaji Pas-pasan (Freepik.com)

JAKARTA - Jika gaji Anda pas-pasan atau anggaran Anda sedikit lebih ketat dari biasanya dalam beberapa bulan terakhir, jangan khawatir karena Anda tidak sendirian. Ada banyak hal yang terjadi akhir-akhir ini yang membuat sebagian orang merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun, memiliki gaji yang mepet dan berada di anggaran yang ketat tidak berarti tidak ada cara bagi Anda untuk menyisihkan uang. Berikut caranya.

Cara Menabung Meski Gaji Pas-pasan

1. Fokus pada Perubahan Kecil dalam Berbagai Kategori Anggaran

Memiliki anggaran yang ketat berarti setiap keputusan pengeluaran bertambah, tapi Anda dapat mulai menghemat uang dengan melakukan beberapa perubahan kecil. Misalnya, Anda bisa menghemat uang untuk makan siang dengan mencoba membawa bekal, atau membawa kopi dari rumah daripada membeli kopi di kedai kopi.

Beberapa perubahan lainnya seperti mencegah pembelian secara impulsif. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menuliskan keinginan Anda dan menunggu selama seminggu sebelum membelinya untuk mengetahui apakah Anda masih menginginkannya.

2. Otomatiskan Tabungan Anda

Wajar jika Anda mudah lupa untuk menabung. Itu artinya, Anda perlu mengotomatiskan proses menabung agar Anda bisa menghemat uang dengan lebih mudah.

Anda juga bisa melakukannya dengan memisahkan antara rekening untuk mendapatkan gaji dengan rekening tabungan.

3. Simpan Anggaran

Untuk memanfaatkan tabungan dengan tepat, hal yang harus Anda lakukan pertama adalah memahami ke mana uang tersebut pergi. Itu sebabnya, penganggaran akan dapat membantu Anda merencanakan pengeluaran Anda dan menilai berapa uang yang harus Anda belanjakan.

4. Temukan Cara untuk Menghemat Sewa

Bagi Anda yang masih menyewa tempat tinggal, Anda bisa mempertimbangkan untuk pindah ke tempat yang lebih kecil atau daerah yang lebih murah untuk menghemat uang. Pindah ke tempat yang lebih murah dapat memangkas banyak biaya untuk tempat tinggal karena biaya tersebut seringkali menjadi biaya terbesar dalam anggaran rumah tangga.

5. Temukan Cara Bepergian yang Lebih Murah

Jika Anda sedang merencanakan perjalanan, pastikan untuk membuat anggaran sebelumnya untuk menghindari belanja secara berlebihan. Misalnya, Anda bisa menentukan budget terlebih dahulu untuk bepergian lalu memilih hotel atau kendaraan umum yang sesuai dengan budget tersebut.

Itu tadi beberapa cara menghemat uang meski gaji pas-pasan dan dengan anggaran yang ketat. Selamat mencoba!