Fakta-fakta tentang Mustika Ratu, Brand Kecantikan yang Didirikan oleh Mooryati Soedibyo

Fakta-fakta tentang Mustika Ratu, Brand Kecantikan yang Didirikan oleh Mooryati Soedibyo (Mustika Ratu )

JAKARTA - Mooryati Soedibyo baru saja dikabarkan meninggal dunia pada Selasa 24 April 2024. Mooryati Soedibyo dikenal sebagai sosok yang berperan dalam dunia kosmetik dan kecantikan Indonesia, di mana ia adalah pendiri dari merek produk kecantikan Mustika Ratu. Bahkan, Mustika Ratu adalah sebuah brand yang menjadi ikon dalam industri kecantikan Indonesia. 

Mooryati Soedibyo mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu 24 April 2024  pukul 01.00 dini hari. Dia meninggal dalam  usia 96 tahun. Jenazah dimakamkan secara militer di permakaman keluarga Tapos, Bogor.

Nama Mooryati tidak lepas dari Mustika Ratu. Didirikan oleh Mooryati Soedibyo, perusahaan ini tidak hanya menawarkan produk kecantikan berkualitas, tetapi juga mengangkat kekayaan alam dan kearifan lokal Indonesia. 

Di balik kesuksesannya, terdapat sejumlah fakta menarik yang menandai perjalanan brand ini.

Fakta-fakta Soal Brand Kecantikan Mustika Ratu

1. Filosofi Kecantikan Mustika Ratu 

Mustika Ratu lahir dari keinginan untuk berbagi warisan budaya Indonesia lewat rangkaian produk dan perawatan alami.

Filosofi kecantikan alami Mustika Ratu berangkat dari pengetahuan yang bersumber pada kekayaan alam Indonesia yang berlimpah serta kearifan tradisi lokal yang diwariskan turun-temurun.

Adapun inspirasi Mustika Ratu adalah ritual kecantikan ala ratu dan putri Keraton Jawa.

Dilansir TrenAsia.com dari laman resmi Mustika Ratu, dalam mengembangkan produknya, perusahaan menggunakan bahan-bahan alami khas Indonesia diantaranya bengkuang, kelapa, mentimun, sirsak, daun sirih, dan ekstrak daun kemuning. 

2. Sejarah Mustika Ratu 

Tahun 1975, Mooryati Soedibyo mengolah jamu dan kosmetik. Hasil olahan Mooryati ini ternyata mendapat banyak tanggapan positif dan pesanan dari kerabat dan teman-temannya.

Baca Juga: Jamu Jadi Warisan Dunia, Berikut Empat Jenis Jamu dan Khasiatnya Bagi Tubuh

Lalu pada 14 Maret 1978 PT Mustika Ratu mulai beroperasi dan mendapatkan reputasi yang baik sebagai pengembang produk kecantikan dan jamu kesehatan tradisional.

Tahun 1985, Mustika Ratu mulai mendapatkan permintaan pasar yang berlimpah dan mendirikan pabrik pertamanya pada 8 April 1981 di Ciracas, Jakarta Timur.

Hingga pada 1995, Mustika Ratu go public dengan melakukan penawaran umum perdana dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Mulai dari tahun 2018, Mustika Ratu terus melebarkan pasar penjualan dengan merambah negara-negara seperti Kanada, Amerika Serikat, Cina, Irak, Selandia Baru, Bulgaria, dan sebagainya.

3. Sabet Top Seller Tokopedia 2023

Mustika Ratu berhasil sabet penghargaan bergengsi sebagai “Top Seller Tokopedia” pada tahun 2023. 

Penghargaan ini diberikan oleh Tokopedia, kepada mitra penjual yang berhasil mencatatkan penjualan tertinggi dalam kurun waktu tertentu atau yang diukur dari periode tertentu.

4. Mustika Ratu dan Putri Indonesia 

Ajang Puteri Indonesia adalah wujud komitmen Mustika Ratu dalam membina remaja perempuan Indonesia untuk mengembangkan potensi dalam mewujudkan prestasi.

Pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo adalah sosok di balik Puteri Indonesia. Perempuan yang lahir dan tumbuh di lingkungan Keraton Surakarta ini tergerak hatinya setelah sering mengunjungi kontes kecantikan di berbagai negara.

Tahun ini Mustika Ratu bersama dengan Yayasan Puteri Indonesia (YPI) kembali menjadi pendukung penuh ajang tahunan bergengsi Pemilihan Puteri Indonesia ke 27 tahun 2024 dengan mengusung tema “Mewujudkan Generasi Berkarakter Menuju Indonesia Maju Berkelanjutan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 24 Apr 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories