Youtuber Bang Koboi Lakukan Kolaborasi dengan Karta Heppiii Community

Pengurus Karta Heppiii Community Madiun Novry Bernard Kumowal (Pelatihan Karta Heppiii)

Surabaya, Balinesia.id-Banyak cara dilakukan oleh masyarakat agar dapat segera bangkit dari pandemi COVID-19 saat ini. Seperti yang dilakukan oleh sejumlah Karang Taruna (Karta) yang tergabung dalam Heppiii Community di Madiun dan Probolinggo ini. Mereka melakukan kolaborasi dengan salah satu youtuber nasional, Bang Koboi untuk mengembangkan beragam potensi desa melalui pelatihan pembuatan konten dan videografi di sosial media.

Lewat kegiatan ini, para anggota Karta diharapkan dapat mengoptimalkan keberadaan sosial media untuk mengkampanyekan potensi dan produk-produk yang ada di desanya.

"Saya senang sekali diundang ke Madiun dan Probolinggo untuk berkolaborasi dengan Karta-Karta yang ternyata potensinya luar biasa. Banyak karya, produk, dan juga budaya desa yang bisa dijadikan konten untuk mendukung pengembangan potensi ekonomi di desa mereka," ujar Bang Koboi, pemilik nama asli Agam Yudhamanuvri yang kini sudah memiliki 500 ribu subscriber ini, Kamis (7/10).  

Pelatihan yang dikemas dalam workshop videografi ini dilakukan secara maraton selama sehari, tepatnya pada hari Sabtu 18 September di Madiun dan Sabtu 25 September 2021 di Probolinggo. Dari pelatihan itu akhirnya muncul sejumlah potensi desa yang bisa dikembangkan menjadi komoditas unggulan daerah setempat.

"Saat pelatihan kemarin banyak muncul ide-ide menarik untuk mengembangkan potensi yang ada, misalnya di Probolinggo itu ternyata ada kopi yang terbuat dari biji mangrove. Kemudian ada juga kerajinan akar pohon jati di salah satu desa di Madiun yang punya potensi pasar yang luas," imbuh Bang Koboi.

Selama pelatihan ini anggota karta dijelaskan bagaimana proses menyusun narasi, mulai menentukan tema, memilih sudut pandang atau angle cerita hingga teknis pengambilan gambar dan editingnya. Sebelum mengikuti pelatihan, setiap peserta diminta untuk menunjukkan konten yang pernah diproduksi.

"Selama pelatihan ini saya minta teman-teman Heppiii Community ini untuk membuat video pendek sesuai dengan ide yang mereka punya. Kemudian kita evaluasi bersama, sehingga mereka dapat memahami cara membuat konten yang lebih baik. Saya bangga sekali dapat berkolaborasi dan bisa ikut membantu membangun komunitas berbasis desa ini," tutur Bang Koboi.

Pengurus Karta Heppiii Community Madiun Novry Bernard Kumowal menyambut baik kolaborasi ini. Menurutnya kemampuan dan kecakapan digital yang dimiliki teman-teman Karta akan sangat membantu mereka untuk mempromosikan berbagai potensi yang ada di desa. Apalagi sudah terbukti banyak desa yang sebelumnya bukan apa-apa, setelah potensinya  dikelola dengan baik dan didukung kampanye di sosial media menjadi desa yang luar biasa.

"Dengan adanya kolaborasi ini akhirnya muncul potensi-potensi desa yang sebetulnya sudah ada sebelumnya namun belum banyak digali. Mudah-mudahan setelah ini potensi desa itu bisa berkembang lebih baik lagi," ungkapannya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh pengurus Karta Heppiii Community Probolinggo Dwi Haryantoro, pihaknya berharap setelah pelatihan anggota karta bisa mempraktikkan teori yang sudah didapat.

"Kolaborasi ini memiliki nilai yang sangat positif bagi karta. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota karta yang hadir, terima kasih juga kepada narasumber serta INSPIRE INDONESIA yang menjembatani kegiatan ini," jelasnya.

Peserta pelatihan yang juga ketua Karta Patriot Desa Brumbungan Lor, Probolinggo, Faqih Rizky Muhammad mengaku mendapatkan banyak ilmu dari pelatihan videografi. Menurutnya dalam memunculkan potensi desa ternyata bukan hanya sekadar dibuat video saja. Ada beberapa hal teknis seperti sejauh mana info tersebut tersampaikan dengan baik juga menjadi hal yang sangat penting.

"Setelah ini saya akan kembangkan potensi di desa saya melalui videografi dan akan kami tampilkan di akun youtube kami," katanya. (*)

Bagikan
Cahaya Embun

Related Stories