Home Budaya Yayasan Asem Kembar ...

Yayasan Asem Kembar Santi Ashram Bentuk Skill Kesenian Generasi Muda Buleleng

Redaksi - Kamis, 21 Januari 2021 pukul 08.20
Peresmian BLK Yayasan Asem Kembar Santi Ashram,Rabu (20/1/2021) Peresmian BLK Yayasan Asem Kembar Santi Ashram,Rabu (20/1/2021) (sumber: Balinesia)

Buleleng, Balinesia.id - Balai Latihan Kerja atau BLK yang berada di bawah naungan Yayasan Asem Kembar Santi Ashram menjadi satu-satunya BLK yang bergerak di bidang kesenian. BLK yang berada di Desa Tegal Linggah, Sukasada, Buleleng ini hadir dengan komitmen membentuk generasi muda Buleleng berskil kesenian.

Ketua Yayasan Asem Kembar Santi Ashram Desa Tegal Linggah, Jro Putu Darmana, mengatakan BLK Kesenian yang dibentuknya terbuka untuk umum. Siapa saja bisa bergabung dalam BLK ini, hanya saja untuk saat ini pihaknya terfokus pada anak-anak setingkat SD dan SMP yang difokuskan pada pelatihan gambelan.

“Sebab, gamelan itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat Bali di setiap kegiatan yadnya,” katanya dalam peresmian BLK tersebut, Rabu (20/1/2021).

Lebih jauh, pihaknya menyatakan kehadiran BLK itu juga tidak terlepas dari peran Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia atau Kemenaker RI. “Di Buleleng belum ada BLK yang mengkemas kesenian, (sementara) yang lain banyak. Ini bantuan Kemenaker, tapi ada juga swadaya," jelas Darmana.

Peserta yang memiliki keinginan untuk bergabung dan melatif bakatnya berkesenian di BLK tersebut tidak dipatok besaran biaya, melainkan hanya ada sumbangan sukarela. “Saat ini, keberadaan sarana dan prasarana memang masih terbatas, tapi nanti akan berusaha dilengkapi, dengan kondisi yang ada," tandas Darmana.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI, Ketut Kariyasa Adnyana, yang turut hadir dalam peresmian BLK tersebut mengatakan bahwa Bali memiliki potensi besar untuk dapat mengembangkan sumber tenaga kerja dengan memiliki skill khusus.

“Ini sebagai pelestarian budaya di Bali yang harus diwariskan. Bali sebagai daerah pariwisata dan budaya, tentu generasi muda harus mencintai dengan cara memiliki keterampilan khusus di bidang kesenian,” ucapnya. (ari/jro)

 

Tags: