Waspadai Penipuan Menggunakan Kloning Suara AI, Ini Cara Mendeteksinya

Waspadai Penipuan Menggunakan Kloning Suara AI, Ini Cara Mendeteksinya (Freepik)

JAKARTA - Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan modus penipuan, di mana seseorang yang tampaknya mengaku dari pihak kepolisian menelepon orang tua Anda saat larut malam. Kemudian, mereka mengatakan kepada orang tua Anda bahwa Anda sedang dalam masalah dan harus ditransfer uang agar Anda bisa segera pulang.

Namun, kini penipuan tersebut tampaknya semakin berevolusi di mana suara dalam pesan tersebut semakin terdengar begitu nyata dan seperti jelas-jelas suara anak mereka, padahal tidak. Bisa jadi, penipu menggunakan tiruan atau kloning suara AI.

Cara Kerja Penipuan Kloning Suara AI

Seperti yang dilansir dari laman Makeuseof, kloning suara dapat menciptakan replika digital suara seseorang yang sangat realistis. Teknik ini biasa disebut audio deepfake yang dibuat dengan alat kloning suara AI seperti ElevenLabs. 

Dikombinasikan dengan AI generatif dan sintesis suara, suara hasil kloning dapat meniru emosi, nuansa, intonasi, bahkan nada ketakutan.

Untuk membuat kloning suara AI, hanya diperlukan sedikit sampel suara, seringkali hanya satu menit atau kurang. Sampel saura seringkali diambil dari postingan media sosial publik. Tidak mengherankan jika content creator video dan influencer sangat rentan terhadap aksi ini karena postingan audio mereka yang berkualitas tinggi telah tersedia.

Setelah penipu mengkloning sampel suara, mereka akan menggunakan text-to-speech atau bahkan ucapak real-time untuk membuat panggilan dan pesan suara palsu.

Setelah mengakses media sosial korban dan mengumpulkan data pribadi mereka, penipu akan menciptakan skenario yang dapat dipercaya. Hal itu bisa berupa skenario rawat inap di rumah sakit, penangkapan, pencurian, penculikan, apapun yang dapat menimbulkan ketakutan.

Suara kloning tersebut kemudian digunakan untuk memanipulasi anggota keluarga agar percaya bahwa orang yang dicintai sedang dalam masalah serius.

Ciri-ciri Penipuan Klon Suara AI

Terlepas dari kecanggihannya, penipuan klon suara AI dapat terungkap melalui tanda bahaya tertentu, seperti berikut.

Urgensi

Penipu akan mencoba meyakinkan Anda bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi, jika tindakan tidak segera diambil.

Fakta

Penipu tidak selalu mengetahui cerita lengkap di balik hubungan Anda dengan target. Oleh karena itu, perhatikan adanya ketidakkonsistenan.

Permintaan Tidak Biasa

Permintaan transfer uang ke rekening bank luar negeri atau pembayaran ke dompet mata uang kripto adalah taktik yang umum diucapkan oleh penipu.

Itu tadi penjelasan mengenai penipuan klon suara AI serta ciri-cirinya.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories