Warga Klungkung Diminta Manfaatkan Pekarangan sebagai Lubang Daur Ulang Sampah

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta

Klungkung, Balinesia.id - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengharapkan warga yang mempunyai pekarangan membuat lubang daur ulang sampah atau Bang daus agar sampah rumah yang organik bisa menjadi pupuk secara alami.

Hal itu disampaikan Suwirta saat peletakan batu Pertama Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Desa (TPSTD) bertempat di Jalan raya Watu Klotok, Dusun Tojan Klod, Desa Tojan pada Minggu 22 Agustus 2021.

Pihaknya juga meminta, supaya jangan hanya bersemangat di awal saja, tetapi harus terus berinovasi dalam menangani sampah dan perangkat desa yang bekerja di Pemerintah desa harus menjadi contoh untuk masyarakatnya dalam memilah sampah dari rumah.

Dalam rangka mengoptimalisasikan TOSS di Kabupaten Klungkung diperlukan adanya, sinergitas antara Pemerintah Pusat, Provinsi, Daerah dan peran serta masyarakat, karena masalah sampah merupakan tanggung jawab kita bersama.

"Semoga pembangunan TPSTD ini dapat berjalan dengan baik, dan yang terpenting agar proses pemilahan sampah di desa nantinya dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," harap Suwirta.

Masyarakat dan Perangkat Desa Dinas maupun Adat agar dapat mengelola sampah dengan komitmen dan kesungguhan, serta dukungan diri sendiri, dan dapat melaksanakan pola memilah sampah dari sumber dengan baik.

Indikator Keberhasilan pengelolaan sampah berhasil, apabila di Lingkungannya tidak terdapat sampah sama sekali, terutama sampah plastik.

Sebelum beroperasi, perangkat desa dan para pekerja yang akan bekerja di TPSTD bisa belajar dulu di TOSS Centre yang ada di Karangdadi Desa Kusamba, disana bisa belajar cara menangani sampah organik dan non organik.

Sampah non organik seperti plastic dan sejenisnya bisa dibersihkan sehingga memiliki nilai jual, sedangkan sampah organik bisa diolah menjadi pupuk.


Pembangunan Fasilitas Pengelolaan Sampah (TPSTD) dibangun di tanah seluas 8 are, dengan menggunakan dana sebesar Rp. 245.073.943,06 yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2021. (roh)


Related Stories