Wagub Cok Ace : Bali Sudah Sangat Siap Terima Kunjungan Wisman

Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Arda Sukawati (Cok Ace) memaparkan kesiapan Bali jika penerbangan internasional dibuka dalam FGD Persiapan Pembukaan Pariwisata untuk Wisman di Bali melalui Skema Travel Buble secara virtual yang diikuti dari Kantor Wakil Gubernur Bali.

DENPASAR, Balinesia.id - Berbagai kesiapan dalam menyambut wisatawan mancanegara telah dilakukan Provinsi Bali mulai gencar melakukan vaksinasi khusnya di tiga zona hijau hingga kesiapan industri pariwisata lainnya dalam menjamin rasa aman dan nyaman dari penyebaran virus corona.

Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Arda Sukawati (Cok Ace) memaparkan kesiapan Bali jika penerbangan internasional dibuka.

Hal itu ia sampaikan pada FGD tentang Persiapan Pembukaan Pariwisata untuk Wisman di Bali melalui Skema Travel Buble secara virtual yang diikuti dari Kantor Wakil Gubernur Bali, Denpasar, Kamis (22/4/2021).

"Beberapa persyaratan untuk membuka pariwisata bagi wisatawan mancanegara (wisman) sudah terpenuhi di Bali," tukasnya saat FGD tentang Persiapan Pembukaan Pariwisata untuk Wisman di Bali melalui Skema Travel Buble secara virtual yang diikuti dari Kantor Wakil Gubernur Bali, Denpasar, Kamis (22/4/2021).

Sarana prasarana sudah mencukupi, dan pemerintah terus meningkatkan seperti layanan rumah sakit dan penambahan ruang rawat inap juga. Laboratorium pengujian spesimen untuk Covid-19 sudah memadai dengan pengujian sampel sampai 3.000 per hari.

Dari sisi pelaku pariwisata, pihaknya mengaku sudah siap sejak tahun lalu. Industri pariwisata sudah menyiapkan sertifikat CHSE yang sudah disiapkan jika pariwisata internasional dibuka September tahun lalu.

“Saat ini industri sudah mengeluarkan sekitar 1.800 sertifikat CHSE untuk hotel, restoran serta destinasi pariwisata di Bali,” imbuhnya.

Hal tersebut juga didukung dengan ketertiban masyarakat menerapkan prokes, sehingga di Bali rata-rata tingkat kepatutan masyarakat menjadi salah satu tertinggi di Indonesia yakni sekitar 96,8%.

Lebih lanjut, tokoh Puri Ubud ini juga mengatakan jika persiapan membuka tiga kawasan menjadi kawasan hijau yaitu Ubud, Sanur dan Nusa Dua sudah hampir rampung 100%.

Hal tersebut ditandai dengan tingkat vaksinasi di tiga kawasan yang sudah hampir 100%. “Masyarakat di tiga kawasan tersebut sudah hampir 100% divaksin.


Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho juga menyampaikan bahwa Bali sudah sangat siap menerima kunjungan wisman.

Tidak hanya vaksinasi di tingkat masyarakat, sektor perbankan dan pekerja di bidang jasa keuangan juga sedang digenjot oleh pemprov Bali bekerjasama dengan BI.

Hal itu menurutnya bertujuan untuk memberikan rasa aman dan kepercayaan dalam melayani masyarakat dan wisatawan kelak.

Saat ini BI bekerjasama dengan Bank-Bank di Bali telah mengakselerasi program transaksi non tunai untuk meminimalisir kontak langsung.

“Hal itu akan sangat berguna kelak jika para wisatawan sedang bertransaksi kelak,” tandasnya. (roh)
 


Related Stories