Unwar Berdayakan Masyarakat Siangan Objek Wisata Berbasis Artefak

Program PKM Unwar di Desa Siangan, Gianyar. (Balinesia.id/IST)

Gianyar, Balinesia.id - Universitas Warmadewa (Unwar) melakukan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan memanfaatkan potensi warisan budaya di Desa Siangan, Gianyar. PKM dilaksanakan oleh Dr. Ir. Agus Kurniawan, S.T., M.T. dan Prof. Dr. Ir. I Wayan Runa, M.T.

Kurniawan menjelaskan bahwa Desa Adat Siangan merupakan satu diantara desa tradisional di Gianhar. Desa Siangan mempunyai potensi warisan budaya yang kaya dan beragam, serta ditunjang oleh suasana lingkungan alam berupa DAS dengan air terjun yang asri.

"Oleh sebab itu, sejak tahun 2019 Desa Adat Siangan ditetapkan oleh Bupati Gianyar sebagai salah satu dari 19 desa desa wisata di Kabupaten Gianyar. Guna mewujudkan Siangan sebagai Desa Wisata, Desa Adat Siangan berupaya menggali potensi yang ada untuk dikembangkan sebagai desa wisata spiritual," kata dia.

Ia mengatakan, dalam upaya pengembangan potensi tersebut, beberapa upaya telah dilakukan masyarakat dan pemerintah, antara lain pembangunan infrastruktur desa penunjang pariwisata, membuat blue print master plan desa dan pembangunan akses jalan menuju air terjun di Desa Adat Siangan. Oleh karenanya, mereka kemudian hadir menyokong upaya yang sebelumnya telah dilakukan.

"PKM yang kami lakukan di Desa Siangan berupa konsep penataan aksesibilitas dan parkir, penataan ruang terbuka publik, lapangan terbuka dan taman, dan penataan fasilitas penunjang rekreasi di Kawasan Desa Siangan sebagai daerah ekowisata. Berdasarkan pelaksanaan dan hasil kegiatan di lokasi, maka beberapa ada saran yang dapat kami berikan," katanya.

Pertama, katanya, adalah pelaksanaan pengabdian masyarakat melalui sosialisasi dan aksi sosial diharapkan dapat terus berlanjut dan Universitas Warmedewa sebagai lembaga pendidikan terkemuka di Bali harus tetap menjadi pelopor dalam pengabdian masyarakat. "Kedua, untuk masyarakat khususnya, masyarakat pengunjung daerah-daerah wisata di Bali, agar senantiasa ikut menjaga lingkungan dengan menjaga fasilitas obyek wisata yang sudah ada," katanya.

Selain itu mereka juga memberi saran kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaan pelestarian lingkungan. jpd

Editor: E. Ariana
Bagikan

Related Stories