Tumpek Wariga, Yayasan Puri Kauhan Ubud Tanam Pohon Bodhi Setinggi 3 Meter

Yayasan Puri Kauhan Ubud melakukan penanaman pohon bodhi di TWA Gunung Batur Bukit Payang, Batur, Kintamani. (Istimewa)

Bangli, Balinesia.id - Pohon bodhi setinggi 3 meter ditanam Yayasan Puri Kauhan Ubud di TWA Gunung Batur Bukit Payang, Desa Adat Batur Kintamani, Bangli bertepatan pada Tumpek Wariga, 14 Mei 2022.

Pohon tersebut adalah pohon bodhi kedua yang ditanam di kawasan Kaldera Batur dalam bingkai kegiatan "Tandur Taru Urip" serangkaian Sastra Saraswati Sewana 2022 "Toya Uriping Bhuwana, Usadhaning Sangaskara". Sehari sebelumnya, yakni pada Jumat, 13 Mei 2022, pohon bodhi dengan tinggi yang relatif sama juga ditanam di Pura Panglepasan Danu Gadang, Desa Adat Buahan, Kintamani.

Baca Juga:

Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud, AAGN Ari Dwipayana mengatakan sebagai hari yang suci itu, yakni pada Tumpek Wariga, pihaknya melakukan pemujaan terhadap Sang Hyang Sangkara, dengan cara menanam dan memuliakan pohon. Sang Hyang Sangkara secara konsepsi Hindu adalah penguasa tumbuh-tumbuhan.

"Saya mengajak semua umat Hindu tidak hanya memuliakan tumbuh-tumbuhan, tapi juga menanam tanaman yang baru untuk menjadi sumber kehidupan bagi kita semua," katanya.

Sementara itu, Kepala Resort TWA Gunung Batur Bukit Payang, I Wayan Sumertha, menjelaskan kegiatan yang dilakukan sejalan dengan pengelolaan sebuah kawasan yaitu perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan.  Penanaman merupakan suatu bentuk perlindungan dan pemeliharaan sebuah kawasan.

"Semoga dengan kegiatan ini harapan dan doa kita terwujud, sehingga menjadi suatu kekuatan kita untuk melakukan kegiatan pengelolaan di kawasan lainnya," katanya.

Adapun pohon tersebut ditanam di titik nol dari kawasan yang akan dibentuk sebagai alas kekeran baru di TWA Gunung Batur Bukit Payang. Dalam kawasan seluas 10 hektar itu pohaknya merencanakan akan menanami 10 ribu batang pohon.

Penanaman di Tumpek Wariga itu melibatkan peran serta masyarakat. Tampak hadir Kesinoman Desa Adat Batur, anggota Resort  TWA   Gunung Batur Bukit Payang, serta masyarakat sekitar. jpd/oka

Editor: E. Ariana

Related Stories