Tren Musik K-Pop 2024: R&B Menjadi Favorit Banyak Orang

NewJean, The Boyz, Sunwoo dan Eric serta BABYMONSTER. (soompi)

JAKARTA – Lagu-lagu K-Pop saat ini menjadi genre musik yang cukup banyak dicintai di beragam kalangan dan usia. Gabungan genre dari berbagai belahan dunia telah menjadi tren dalam musik K-pop. Terlepas dari keragaman genre, ada satu yang sedang populer akhir-akhir ini, yaitu R&B!

R&B telah mendominasi genre lagu-lagu yang dirilis mulai dari awal hingga pertengahan tahun 2024. Suara klasik dengan getaran sempurna sedang populer di musim panas, terutama musim panas di Korea Selatan.

Dikutip dari Soompi, seperti beberapa rilisan terbaru membuktikan hal tersebut. Nuansanya sangat sempurna dalam semua aspek!

Daftar Lagu K-Pop dengan Genre R&B yang Berhasil Hits dan Viral

Berikut lagu K-Pop dengan genre R&B dan berhasil menjadi hits, antara lain.

1. Nayeon TWICE – ABCD

Paduan R&B modern dengan musik K-Pop paling sesuai pada comeback solo terbaru Nayeon Twice yang berjudul “ABCD”. Lagu ini sangat berbeda dari debut solonya “POP!” di mana Nayeon memperlihatkan keahliannya sebagai seorang artis. Adanya lagu ini, para pendengar menjadi bernostalgia Y2K.

2. Zico – SPOT! (feat. Jennie)

Salah satu kolaborasi terpanas musim panas waktu Korea Selatan ini adalah antara Zico dan Jennie BLACKPINK. Dengan menggabungkan aliran hip hop dan R&B, Zico tetap konsisten dengan jenis musiknya hingga kini. Dalam lagu ini, rythm yang seru dan menyenangkan menjadi ciri khasnya, membuat banyak orang ingin terus menari.

3. BABYMONSTER – LIKE THAT

Sebutan Rookie Monster sangat tepat untuk BABYMONSTER, yang juga menjadi bentuk sempurna dari lagi K-Pop dan genre R&B. Lagu B-side mereka, “LIKE THAT” menampilkan vokal sensual yang kuat, mencerminkan ciri khas dari genre tersebut. Irama yang selaras dengan melodi ringan membuat lagu ini sangat menyenangkan dan tidak membosankan.

4. Sunwoo dan Eric THE BOYZ – Honey

Duet anggota The Boyz, Sunwoo dan Eric, dengan lagu mereka “Honey” juga layak mendapat sebutan dalam kolaborasi K-Pop dan R&B. Lagu ini memiliki nuansa yang tenang dan benar-benar membuat ketagihan. Dalam penampilannya, “Honey” menonjolkan tarian dengan sentuhan R&B yang lembut dan ringan.

5. EVERGLOW – ZOMBIE

Meskipun dikenal dengan lagu-lagu dance yang penuh energi, EVERGLOW menampilkan sesuatu yang lebih segar dengan lagu “Zombie.” Dengan vokal ringan yang memberikan nuansa R&B, namun tetap mempertahankan ketukan energi khas K-Pop. Perpaduan unik ini memang hanya bisa dilakukan oleh EVERGLOW.

6. Stray Kids – Lose My Breath

Lagu berbahasa Inggris dari Stray Kids, “Lose My Breath,” jauh lebih ringan dibandingkan dengan lagu-lagu mereka yang lain. Stray Kids yang biasanya dikenal dengan lagu-lagu berpower dan ketukan synth yang kuat, kali ini menampilkan sesuatu yang lebih santai dengan vokal segar dan bagian rap yang tidak terlalu menggelegar.

Ini merupakan versi santai dari campuran K-Pop dan R&B, di mana mereka berkolaborasi dengan Charlie Puth.

7. NewJeans – Bubble Gum

Meskipun tidak sepopuler lagu hits NewJean lainnya, “Bubble Gum” menjadi lagu K-Pop dengan nuansa R&B yang kuat. Lagu ini bisa dianggap sebagai salah satu lagu musim panas yang sempurna dari NewJeans dengan vokal manisnya. Meskipun terdapat cukup banyak bagian lagu latarnya, namun tidak berlebihan.

Itu dia beberapa daftar lagu K-Pop bergenre R&B. Adakah favorit Anda?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 14 Jul 2024 

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories