Tips Membeli Rumah dari Ahli Keuangan

Anti Boncos! Simak Tips Membeli Rumah dari Ahli Keuangan Dave Ramsey (Fox Business)

JAKARTA - Membeli rumah adalah salah satu keputusan finansial terbesar dalam kehidupan seseorang. Oleh karena itu, tidak hanya sekedar pembelian properti, membeli rumah juga merupakan langkah menuju stabilitas dan investasi jangka panjang.

Proses membeli rumah melibatkan sejumlah pertimbangan serius, salah satunya adalah aspek keuangan pribadi dan perencanaan keuangan. Membeli rumah bukan sekadar memperoleh tempat tinggal, melainkan juga melibatkan pengambilan keputusan yang dapat mempengaruhi masa depan finansial dan kesejahteraan. 

Guru keuangan, penulis, sekaligus pembawa acara radio yang kerap dijadikan sumber nasihat keuangan, Dave Ramsey baru-baru ini menyebutkan tips seputar membeli rumah yang sebaiknya Anda perhatikan. Melakukan tips-tips ini bisa membantu keuangan Anda tetap sehat sehingga kesejahteraan Anda juga turut terjamin. 

Dikutip dari laman The Street pada Jumat, 12 Januari 2024, Ramsey menekankan bahwa ada banyak pilihan yang tersedia sebagai cara untuk membeli rumah. Namun ia menyarankan cara terbaik untuk membeli rumah adalah dengan membayarnya secara kontan dan lunas saat itu juga. 

Tentu saja, cara ini tidak bisa dilakukan untuk semua orang mengingat harga rumah yang tinggi dan terus melambung dari waktu ke waktu. Jika memang opsi pembayaran lunas tidak memungkinkan untuk Anda lakukan, Ramsey menyebut “Hal terbaik berikutnya adalah pinjaman hipotek rumah yang Anda pilih secara cerdas,” terangnya. 

Ramsey menegaskan bahwa Anda harus pintar memilih produk hipotek karena pilihan yang buruk bisa menjadi beban dalam portofolio keuangan Anda. “Rumah harus menjadi berkah bagi keluarga Anda, bukan mimpi buruk finansial,” Ramsey memperingatkan. 

Lebih lanjut, Ramsey juga menyarankan tiga prasyarat yang harus dipenuhi calon pembeli sebelum mengambil hipotek. Pertama, kata Ramsey, “Pastikan Anda benar-benar bebas utang,”

Kedua, “Simpan pengeluaran tiga hingga enam bulan dalam dana darurat,” dan ketiga,”penting bagi Anda untuk menabung uang muka yang besar." Ramsey sendiri merekomendasikan setidaknya Anda harus menyiapkan 10% untuk uang muka, namun 20% akan lebih baik. 

Jangka waktu yang tepat untuk membeli rumah dengan sistem hipotek atau KPR menurut Ramsey adalah 15 tahun atau kurang. “Jangan mendapatkan hipotek 30 tahun!” tegasnya. 

Terakhir, Ramsey mengingatkan untuk besaran cicilan rumah yang dibeli tidak boleh melebihi 25% dari gaji perbulannya. “Lebih dari itu akan menghabiskan terlalu banyak penghasilan Anda,” pungkasnya. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 14 Jan 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories