Tips Cerdas Menghemat Gaji Bulanan untuk Keluarga

Tips Cerdas Menghemat Gaji Bulanan untuk Keluarga (familyservicesnew.org)

JAKARTA – Perencanaan keuangan adalah keterampilan dalam mengatur keuangan pribadi atau keluarga untuk mencapai tujuan dengan cara yang optimal, efisien, dan menguntungkan, sehingga keluarga dapat mencapai kesejahteraan.

Dilansir dari OJK, secara umum, aktivitas ini melibatkan pengelolaan pendapatan untuk mencapai berbagai tujuan finansial, seperti dana pernikahan, dana kelahiran anak, dan lainnya.

Perencanaan keuangan juga penting untuk memastikan bahwa kebutuhan rumah tangga tidak terhambat oleh keinginan yang bersifat konsumtif. Dengan mengurangi biaya bulanan rumah tangga, kalian dapat menabung lebih banyak, entah untuk dana darurat atau kebutuhan lain.

Strategi Menghemat Biaya Bulanan Rumah Tangga

Berikut beberapa strategi menghemat biaya bulanan rumah tangga:

1. Disiplin Menabung

Disiplin dalam menabung merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengelola gaji. Pastikan kalian menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung setelah menerima gaji. Contohnya, alokasikan minimal 10% dari gaji untuk kebutuhan mendesak.

Langkah ini penting agar kondisi keuangan keluarga selalu siap menghadapi berbagai situasi ekonomi yang tidak terduga. Oleh karena itu, memiliki motivasi dan alasan kuat dalam menabung sangat penting agar jumlah tabungan terus bertambah setiap bulan.

Salah satu cara efektif untuk memastikan gaji tersimpan dengan baik adalah membuka rekening khusus untuk menabung. Metode ini cukup berhasil bagi kamu yang mudah tergoda menghabiskan uang di rekening utama.

2. Atur Pengeluaran untuk Makan Sehari-Hari

Salah satu penyebab utama tingginya biaya bulanan rumah tangga adalah pengeluaran untuk makanan sehari-hari. Untuk mengurangi pengeluaran tersebut, kalian bisa memulainya dengan menekan biaya makan.

Mulailah dengan mengatur kebiasaan makan keluarga dan merencanakan menu untuk setidaknya seminggu ke depan. Jika sebelumnya keluarga kalian sering makan di luar, kalian bisa mulai menguranginya secara bertahap, misalnya hanya makan di luar pada akhir pekan.

Selain itu, merencanakan menu makan juga mempermudah dalam berbelanja bahan makanan. Dengan membuat daftar belanja yang sesuai dengan menu, kalian bisa lebih terkontrol dalam mengelola pengeluaran.

3. Adakan Aktivitas Hiburan yang Seru Tapi Nggak Mahal

Kegiatan hiburan bersama keluarga merupakan hal penting yang perlu dilakukan, namun bukan berarti harus mengeluarkan banyak uang. Kalian tetap bisa memilih aktivitas yang terjangkau tapi tetap menyenangkan dan berkesan.

Contohnya, jika keluarga kalian suka berlibur bersama, kalian bisa memilih destinasi wisata dalam negeri untuk menghemat pengeluaran, daripada bepergian ke luar negeri. Masih banyak tempat indah di dalam negeri yang mungkin belum pernah kalian kunjungi.

Alternatif lain yaitu mengunjungi tempat wisata yang gratis atau memiliki tiket masuk yang murah, seperti museum, pantai, atau taman. Rasanya pasti menyenangkan menjadi turis di kota tempat kamu tinggal.

4. Menghemat Listrik dan Air

Tagihan turut berperan dalam memengaruhi pengeluaran rumah tangga. Semakin rendah tagihan yang dibayar, semakin sedikit pula biaya rumah tangga yang harus dikeluarkan. Tenang, ada banyak cara untuk menekan biaya tagihan agar tidak terlalu tinggi. Kalian dan keluarga bisa mulai dengan tiga langkah sederhana untuk mengurangi tagihan listrik.

Agar tagihan air tidak membengkak, kalian bisa mengajarkan anak-anak untuk mematikan keran air saat menyikat gigi. Mengurangi penggunaan air juga bisa dilakukan dengan mandi menggunakan shower, bukan gayung, tetapi pastikan shower dimatikan saat sedang sabunan. Mulailah dengan kebiasaan-kebiasaan sederhana ini dan pastikan seluruh keluarga melakukannya.

5. Hindari Utang

Kelola keuangan kalian dengan menghindari utang, baik itu kepada teman maupun cicilan kredit. Meminjam uang dari pihak lain tidak hanya akan menyulitkan, tetapi juga dapat berdampak pada anggota keluarga lainnya. Jika kalian sudah terlanjur berutang, prioritaskan pelunasannya, terutama utang dengan bunga cicilan yang tinggi.

6. Lakukan Budgeting

Membuat anggaran membantu memastikan bahwa uang yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan. Tetapkan jumlah untuk pengeluaran rumah tangga dan pisahkan dana tersebut agar tidak tercampur dengan uang untuk keperluan lainnya. Kalian bisa menyusun anggaran mingguan, dua mingguan, atau bulanan, tergantung pada preferensi.

7. Jaga Komunikasi Tentang Keuangan

Mengatur keuangan rumah tangga erat kaitannya dengan komunikasi dalam keluarga terkait keuangan. Hal ini sangat penting dilakukan saat membuat keputusan-keputusan terkait keuangan rumah tangga. Dengan adanya komunikasi dan diskusi yang baik, kalian dan keluarga dapat menetapkan tujuan bersama yang ingin dicapai.

8. Bawa Bekal

Selain membantu menghemat pengeluaran, membawa bekal sendiri juga memastikan kebersihan, kandungan gizi, dan kesehatan makanan yang kalian konsumsi.

Saat tidak membawa bekal, kalian akan lebih sering mengeluarkan uang, terutama jika makanan yang dibeli cukup mahal. Apalagi jika berada di lingkungan yang gemar jajan, kalian mungkin tergoda membeli camilan yang sebenarnya tidak diperlukan.

Oleh karena itu, membawa bekal dari rumah menjadi salah satu strategi efektif dalam mengelola keuangan rumah tangga. Tidak perlu khawatir soal menu, cukup siapkan nasi dan lauk sederhana yang sesuai dengan anggaran.

9. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit dapat membuat kalian tidak menyadari seberapa banyak yang telah dihabiskan. Meski metode pembayaran non-tunai ini memudahkan berbelanja, penggunaan berlebihan bisa menjadi beban dan menyulitkan upaya penghematan dalam keuangan rumah tangga.

Kartu kredit memang menawarkan kemudahan, tapi penting untuk mengingat agar tidak terperangkap dengan tagihan yang terus membesar setiap bulan. Maka, batasi penggunaan kartu kredit agar keuangan rumah tangga tidak terbebani oleh tagihan yang berlebihan.

Itu dia strategi menghemat biaya bulanan rumah tangga. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 07 Sep 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories