Tingkatkan Kualitas SDM Desa, BCA Gelar Pelatihan Team Building Desa Binaan di Sumbar

(null)

PADANG- Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang potensial dan strategis dalam pengembangan perekonomian nasional dan daerah.

Berangkat dari hal tersebut, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) memberikan nilai tambah kepada masyarakat terutama pada pengurus desa wisata binaan Kampung Adat Sijunjung dan Nagari Silokek, Sumatera Barat.

Pada kesempatan ini, BCA melalui Corporate Social Responsibility (CSR) menghadirkan “Pelatihan Team Building Bagi Pengurus Desa” yang digelar pada 14-15 November.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Komisaris BCA Cyrillus Harinowo, Kepala BCA KCU Padang Robert Siahaan, VP CSR BCA Ira Bachtar, Bupati Sijunjung Dwifa Yuswir, Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung Zefnihan, dan Kepala Dinas Parpora Sijunjung Afrineldi. Pada kegiatan ini, BCA menghadirkan pelatihan bagi 30 orang pengurus Desa Sijunjung dan Nagari Silokek.

Harinowo mengatakan, saat ini CSR BCA memiliki fokus untuk membina dan mengembangkan kapasitas SDM desa dan komunitas binaan, dengan melaksanakan beragam pelatihan dan pendampingan. 
Adapun rangkaian pelatihan pengurus desa wisata ini bertujuan untuk menunjang peningkatkan mutu kualitas dari pelayanan pengurus guna memberikan nilai tambah bagi wisatawan yang datang berkunjung.

“Pelatihan ini kami gelar dengan harapan agar para pengurus desa dapat menciptakan kolaborasi anggota tim dengan baik, serta memahami struktur organisasi termasuk memahami peran pemimpin agar dapat mencapai tujuan bersama," kata Harinowo.

"Dengan adanya kolaborasi yang baik antar sesama pengurus, kami harapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan kreativitas antar elemen desa wisata agar semakin unggul kedepannya,” tambahnya.

Elemen desa wisata tidak hanya sekedar potensi alamnya saja, namun di dalamnya juga terdapat SDM yang pengembangan potensi dan kapabilitasnya juga harus selalu ditingkatkan, agar ke depannya desa-desa wisata di Indonesia dapat semakin kuat dengan didukung dengan sumber daya manusia yang terus maju.

Oleh sebab itu, Corporate Social Responsibility (CSR) BCA senantiasa berkomitmen memberikan pendampingan yang berkelanjutan bagi pengurus desa wisata di Indonesia melalui program Bakti BCA.

“Semoga pelatihan ini dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi para pengurus Desa Wisata Kampung Adat Sijunjung dan Nagari Silokek. Sebagai tambahan, saya berharap pelatihan ini dapat memberikan nilai tambah bagi dua desa wisata ini agar menjadi salah satu yang terdepan di Sumatera Barat dan Indonesia baik dari segi keindahan alam maupun SDM-nya,” tutup Harinowo.

Bagikan

Related Stories