Ternyata Ini Alasan Anda Tidak Perlu Bongkar Koper Setelah Bepergian

Ternyata Ini Alasan Anda Tidak Perlu Bongkar Koper Setelah Bepergian (Freepik.com)

JAKARTA - Liburan adalah hal yang menyenangkan dan selalu kita nanti-nantikan. Pasalnya, waktu libur kita bisa melakukan berbagai hal yang kita sukai, mulai dari menjelajah destinasi wisata, mencicipi masakan lokal, dan sebagainya.

Tidak dapat dipungkiri kebahagiaan ketika liburan membuat kita jadi sulit untuk mengakhirinya. Kita jadi merasa lelah saat pulang ke rumah, bahkan malas untuk membongkar koper.

Namun, jangan khawatir. Pasalnya, para ahli justru memperingatkan bahwa kita tidak perlu membongkar koper segera setelah kembali dari liburan.

Sebagian besar dari kita mungkin akan merasa bangga ketika langsung mampu membongkar koper begitu kembali dari liburan. Bagaimanapun, jika tidak segera dilakukan, mungkin Anda berisiko membiarkan tas tersebut tergeletak di lantai kamar selama berhari-hari.

Namun, para ahli justru menyarankan bahwa pendekatan yang kurang teratur sebenarnya lebih disarankan jika Anda ingin menghindari membawa serangga yang tidak diinginkan.

Seperti yang dilansir dari Indy100, dokter menunjukkan bahwa hotel dan hostel tempat Anda menginap bisa menjadi tempat berkembang biaknya kutu busuk. Kutu busuk sendiri adalah serangga parasit penghisap darah yang paling terkenal sulit dihilangkan setelah mereka menetap di suatu tempat.

Masalah terkait kutu busuk ini seringkali tidak terkait dengan kebersihan, tapi karena pergantian manusia yang tinggal di tempat tersebut. Kutu busuk suka menetap di tempat yang ada pasokan makanan untuknya, yaitu darah manusia. Sehingga, tempat penginapan adalah sarang yang ideal bagi mereka. Mengingat banyaknya tamu yang datang dan pergi, kemungkinan hama ini dibawa masuk ke tempat-tempat tersebut juga jadi cukup tinggi dan begitu mereka masuk, mereka akan tetap tinggal di tempat tersebut.

Cara Menghindari Membawa Kutu Busuk Usai Pergi Liburan

Para ahli merekomendasikan bahwa saat Anda berlibur sebaiknya simpan bagasi atau koper di bak mandi. Hal ini mungkin terkesan aneh, tapi alasannya cukup masuk akal, yaitu kutu busuk menghindari tempat yang mudah tergenang air. Mereka tidak ingin terbawa ke saluran pembuangan sehingga akan lebih bijak jika Anda meletakkan tas di bak mandi agar kutu busuk kesulitan menyelinap ke dalam koper atau tas Anda.

Waktu yang Tepat untuk Membuka Koper

Jika Anda percaya bahwa Anda menginap di suatu tempat yang dipenuhi kutu busuk, maka sebaiknya biarkan koper tersebut tetap tertutup selama dua minggu, karena waktu tersebut akan membuat hama kutu busuk jadi mati.

Namun, mungkin sebagian besar dari kita membutuhkan akses barang-barang yang ada di tas atau koper tersebut sesegera mungkin. Oleh karena itu, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencuci pakaian dan barang-barang yang bisa dicuci dengan air panas untuk membunuh kutu busuk dan telurnya sehingga rumah Anda bebas dari hama tersebut.

Itu tadi alasan tepat mengapa Anda sebaiknya tidak membuka koper usai pulang dari liburan serta cara menghindari kontaminasi hama kutu busuk di rumah Anda.

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories