Sorgum Sumber Pangan Alternatif Bernilai Gizi Terus Dikampanyekan KSP

Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko bersama Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi Memasak Nasi Goreng Berbahan Sorgum, pada gelaran Food Truck Sorgum, di CFD Parkir Selatan, Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (4/12/2022). (KSP)

Jakarta, Balinesia.id- Sorgum sebagai sumber pangan alternatif yang memiliki manfaat, nilai gizi, dan rasa yang sangat baik dan tidak kalah dari nasi dan sumber karbohidrat lainnya terus dikampanyekan  Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko.

Dalam kegiatan bertema "Kenyang Tidak Harus Nasi", Moeldoko terus menyosialisasikan Sorgum.

Diakui Moeldoko sampai saat ini belum banyak masyarakat yang tahu bahwa tanaman sorgum bisa menjadi sumber pangan alternatif pengganti beras.

Padahal, tanaman yang juga sering disebut Cantel itu memiliki banyak manfaat.

"Seratnya tinggi, karbohidrat bagus, dan gulanya rendah. Saatnya kini masyarakat diedukasi tentang makanan sehat yaitu sorgum," ujar Ketua HKTI pada gelaran Food Truck Sorgum, di Car Free Day (CFD) Parkir Selatan, Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (4/12/2022)..

Dia juga memastikan, pemerintah saat ini sedang membangun ekosistem untuk pengembangan budidaya sorgum. Diantaranya mencari sebanyak-banyaknya "offtaker".

Salah satu "offtaker" yang dipertimbangkan oleh pemerintah adalah industri pakan ternak, di mana industri pakan ternak adalah bahan bakunya 50 persen jagung, dan 50 persen protein lain yang bisa didapatkan dari sorgum.

Lanjut dia, jika offtakernya banyak, maka serapan sorgum ke pasar juga akan besar. Sehingga petani mau tanam, dan riset benih bisa dilakukan.

"Ekosistem ini yang sedang Kita bangun," jelas mantan Pangdam IV/Diponegoro itu.

Moeldoko menyampaikan apresiasi gelaran Food Truck Sorgum Badan Pangan Nasional yang dinilai bisa menjadi media untuk membangun kepedulian dan ketertarikan masyarakat atas keanekaragaman sumber pangan alternatif.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menyatakan, melalui kegiatan Food Truck Sorgum, agar publik mengetahui bahwa sorgum merupakan sumber pangan yang potensial untuk dikembangkan di Indonesia.

"Sorgum juga dapat dihilirisasi dan diolah menjadi berbagai produk makanan sebagai sumber energi dan gizi masyarakat," tandasnya.
***

Editor: Rohmat

Related Stories