Siap-siap! Akhir November Pemerintah Akan Bagi Rice Cooker Gratis

Siap-siap! Akhir November Pemerintah Akan Bagi Rice Cooker Gratis (Lottemart.)

JAKARTA, Balinesia.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan bahwa program bagi-bagi rice cooker gratis atau alat masak listrik (AML) akan dilaksanakan pada akhir November 2023.

Arifin menyebutkan bahwa sebanyak 500.000 unit rice cooker gratis diharapkan mampu selesai pendistribusiannya hingga pertengahan Desember 2023.

"Diharapkan kontrak dapat dilakukan pada minggu keempat bulan November 2023, sehingga distribusi selesai sampai pertengahan Desember 2023," katanya dalam Raker dengan Komisi VII pada Selasa, 21 November 2023.

Menteri ESDM ini menjelaskan, alasan rice cooker akan dibagikan pada akhir November 2023 disebabkan karena Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) AML baru selesai.

Saat ini, Kementerian ESDM masih dalam penyiapan data calon penerima dan penyiapan pengadaan melalui e-katalog. Arifin mengaku, belum terealisasinya pendistribusian rice cooker gratis membuat salah satu penyebab anggaran Kementeriannya masih belum maksimal.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman Hutajulu mengatakan, saat ini sudah ada 407.000 data yang terkumpul dari total 500.000 target rice cooker gratis.

Jisman menuturkan, tidak semua masyarakat bisa lolos menjadi penerima bantuan AML. Pemerintah memiliki kriteria khusus seperti adanga jaringan listrik yang memadai.

Adapun, dasar kebijakan pembagian rice cooker telah diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi Rumah Tangga. Salah satu pertimbangan lainnya untuk mendukung peningkatan penggunaan teknologi memasak yang lebih bersih, maka perlu menyediakan alat masak berbasis listrik bagi rumah tangga dengan kriteria tertentu.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 21 Nov 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories