Siap Harumkan Daerah, 20 Atlet Buleleng Dilepas untuk Berlaga di PON XX

Pelepasan atlet PON XX Kontingen Bali asal Buleleng, Selasa, 14 September 2021. (sumber: Istimewa)

Buleleng, Balinesia.id - Sebanyak 20 orang atlet dan empat pelatih asal Buleleng yang menjadi bagian dari kontingen Provinsi Bali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua dilepas, Selasa, 14 September 2021. Mereka siap mengharumkan nama daerah dalam hajatan olahraga bergengsi di Indonesia itu.

Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra dalam pelepasan alter tersebut di Lobi Athiti Wisma, Kantor Bupati Buleleng, memberi motivasi kepada atlet dan juga pelatih untuk berjuang sekuat tenaga dalam PON XX Papua. Mereka saat ini membawa nama daerah, membela daerah, khususnya Buleleng. Selain itu, pihaknya juga mengharapkan para atlet bisa bertanding secara sportif. “Saya juga memotivasi juga yang lain untuk berprestasi di PON berikutnya,” kata dia.

Wakil Bupati asal Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan mengaku juga telah menyiapkan bonus bagi para atlet yang nanti mampu mendulang prestasi. Menurutnya, meski pun masih dalam keadaan pandemi Covid-19 apresiasi harus tetap diberikan terhadap perjuangan dan prestasi dari atlet yang mengharumkan nama Buleleng. Upaya dilakukan untuk tidak mengurangi jumlah bonus yang akan diberikan.

“Jumlahnya nanti kita lihat. Karena di tengah pandemi Covid-19 semua dana difokuskan untuk penanganan Covid-19. Tetapi, kalau ini prestasinya luar biasa dari atlet-atlet kita sudah barang tentu kita akan memberikan apresiasi,” kata Sutjidra.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Buleleng, Nyoman Artha Widnyana, menjelaskan pada PON XX Papua, kontingen Provinsi Bali menargetkan naik peringkat. Dari sebelumnya pada PON XIX di Jawa Barat pada 2016, Bali hanya menduduki peringkat enam. Oleh karena itu, pada PON XX Bali mentargetkan menduduki peringkat lima.

“Pada PON XIX Bali meriah 20 emas, sedangkan pada PON XX kali ini ditargetkan meraih 30 medali emas,” kata dia.

Pada tahun ini Buleleng menyumbangkan 20 atlet dan empat pelatih untuk kontingen Bali. Sebanyak 20 atlet tersebut berasal dari 13 cabang olahraga (cabor). Dengan jumlah tersebut, ditargetkan atlet dari Buleleng meraih empat medali emas. Dua medali emas diharapkan datang dari cabor kriket, satu emas dari cabor panjat tebing, dan satu emas lainnya diharaokan dari cabor muaythai.

Selain itu, pada cabor renang dan menyelam, pihaknya juga mengharapkan menyumbang medali, minimal perak. “Dengan tidak bermaksud mengecilkan cabor lain, kita target emas diraih di tiga cabor tadi, serta medali dari cabor lain. Sehingga, dengan demikian misi ke Papua kita benar-benar untuk mencari  medali, meraih prestasi, dan membanggakan nama daerah,” katanya. jpd

Jero P. Ariana

Jero P. Ariana

Lihat semua artikel

Most Popular








Related Stories