Setahun Pandemi, Penduduk Miskin di Bali Bertambah 37 Ribu Orang

Suasana Jalan Raya Kartika Plaza Kuta pada malam hari sepi. Sebelum Covid-19 jalanan ini sangat sibuk hingga larut pagi (Cahaya embun)

Denpasar, Balinesia.id—Jumlah penduduk miskin di Bali terus bertambah. BPS Bali memaparkan, pada periode Maret 2020 hingga Maret 2021, ada tambahan sebanyak 37.000 orang warga miskin di daerah ini.

Jika ditotal, pada Maret 2021 ada sebanyak 201.970 orang masuk kategori miskin di Pulau Dewata sedangkan Maret 2021 sebanyak 165.190 orang. Penduduk miskin didefinisikan sebagai penduduk dengan pengeluaran per kapita di bawah (atau lebih rendah) dari besaran yang disebut sebagai garis kemiskinan. Pada kondisi Maret 2021, garis kemiskinan di Provinsi Bali tercatat sebesar Rp452.221 per kapita per bulan.

Menurut Kepala BPS Bali Hanif Yahya garis kemiskinan yang paling banyak menyebabkan penduduk miskin adalah makanan sebesar 69 persen sedangkan non makanan 31 persen. Diakuinya peningkatan penduduk miskin tersebut ada pengaruh dari pandemi Covid-19. 

“Meski begitu pada maret masih di bawah angka rata-rata nasional yang tercatat 10,14 persen. Jadi meskipun naik tapi Bali masih tercatat sebagai provinsi terendah untuk angka kemiskinannya secara nasional,”jelasnya, Kamis (15/7/2021).

Jika melihat lokasi tinggal penduduk miskin di Bali, jumlah penduduk miskin di perkotaan meningkat drastic hingga 100.000 orang, sedangkan di perdesaan terangkat sebanyak 7.570 orang. Selain peningkatan jumlah warga miskin, kabar tidak baikknya lagi mengenai tingkat disparitas kemiskinan.

Ternyata, disparitas atau kesenjangan kemiskinan di perkotaan dan perdesaan berbeda kenaikannya. Di kota naik 0,8% sedangkan di desa 0,12 persen. Ini artinya ada kesenjangan besar antara kemiskinan di perkotaan dan perdesaan. Di perdesaan kesenjangan kemiskinannya tentu lebih tinggi.

“Tentu ada beebrapa faktor kemiskinan di perkotaan dan perdesaan. Inflasi Maret juga menjadi salah satu yang menunjukkan geliat perekonomian,”jelasnya.

Editor: Cahaya Embun

Related Stories