Seri Daring Kedua, Wisuda ke-64 Unwar Lepas 1.131 Orang

DENPASAR – Wisuda ke-64 Universitas Warmadewa (Unwar) tetap dilaksankan dengan pola daring, Kamis (24/09/2020). Wisuda daring ditempuh sebagai bentuk adaptasi imbas penyebaran Covid-19 yang masih menyebar di wilayah Bali.

Upacara wisuda dipusatkan di Gedung Auditorium Widya Sabha Uttama Kampus Unwar, yang diikuti oleh perwakilan wisudawan tiap prodi dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Sementara, peserta wisuda lainnya mengikuti proses wisuda berbasis daring dari rumah masing-masing.

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK., menjelaskan pada wisuda periode tersebut pihaknya melepas sebanyak 1.131 orang wisudawan. Jumlah tersebut terdiri dari 1.052 orang wisudawan jenjang sarjana dan 79 orang wisudawan jenjang magister.

“Dengan dilepasnya para wisudawan ini, Unwar kini telah mempunyai alumni sebanyak 33.433 orang dan mahasiswa aktif sebanyak 11.085 orang,” kata Widjana.

Rektor Unwar dua kali periode ini merinci, dari 1.131 orang wisudawan yang diwisuda, s 437 orang atau 38,67 persen diantaranya lulus dengan predikat dengan pujian. Adapun prestasi output untuk Program S2 rata-rata IPK 3,8, sedangkan prestasi output untuk S1 rata-rata IPK 3,44. "Saya berharap para lulusan dapat profesional di tengah masyarakat, sebab untuk meraih sukses tidak cukup berbekal IPK yang tinggi, tetapi diperlukan kemampuan untuk mensinergikan antara intrapersonal skill dengan interpersonal skill. Ini merupakan kunci untuk meningkatkan daya saing dalam era kompetitif saat ini," katanya.

Berdasarkan hasil evaluasi lulusan terakhir tercatat sebesar 97,74 persen lulusan sudah bekerja dengan masa tunggu selama 3,54 bulan. Sedangkan, kinerja lulusan yang dinilai oleh pengguna tercatat menunjukkan kinerja baik sebesar 91,28 persen.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali (YKKPB), Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., menyebut pihaknya sebagai badan yang menaungi Unwa terus berkomitmen mengembangkan lembaganya sebagaimana visi Unwar untuk menjadi universitas yang bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global 2034.

“Berlandaskan Sapta Bayu sebagai spirit Sri Ksari Warmadewa, yayasan selalu proaktif dalam pengelolaan sumber daya secara sistematis dan terencana. Dengan harapan Unwar mampu menjadi perguruan tinggi terkemuka dambaan masyarakat,” katanya.

Masih dalam bingkai Spirit Sapta Bayu, pihaknya berpesan kepada para wisudawan agar dapat menjadi sarjana yang berkarakter, kritis, cerdas, inovatif, dan professional. “Dnegan spirit itu, saya yakin akan mampu memenangkan kompetisi dimanapun dan kapanpun," tandasnya.

Bagikan
Bambang Susilo

Bambang Susilo

Lihat semua artikel

Related Stories