Seniman Bondres di Bali Diminta Bantu Perangi Informasi Hoaks

Ketua TP PKK Provinsi Bali serta Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ni Putu Putri Suastini Koster, mengatakan, peranan seniman bondres dalam menyampaikan informasi diperlukan.

Denpasar, Balinesia.id - Para seniman seperti seniman bondres diminta turut membantu memerangi informasi hoaks atau mengandung kebohongan yang banyak bersliweran di dunia maya seperti internet.

Ketua TP PKK Provinsi Bali serta Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ni Putu Putri Suastini Koster, mengatakan, peranan seniman bondres dalam menyampaikan informasi diperlukan.

Untuk itu, Koster mengundang sekaligus mengajak para seniman bondres di Bali untuk ikut berperan menyebarkan program-program pemerintah ke masyrakat. Hal itu ia sampaikan saat menerima para seniman bondres dalm bincang santai di ruang rapat Gedung Gajah, Jaya Sabha, Denpasar, Selasa (15/6/2021).

Selama ini kiprah mereka dalam menyajilan informasi berupa humor segar untuk masyarakat terbukti efektif.

“Coba kita lihat selama ini, dengan kecerdasan para seniman bondres kita, berbagai informasi penting bahkan sesuatu yang cukup sensitif bisa mereka suguhkan dengan lucu, tanpa menyinggung pihak mana pun," Katanya.

"Terpenting masyarakat menerimanya,” jelasnya lagi.

Ia mengatakan saat ini begitu banyak berita hoax yang tersebar di dunia maya. Itu tentu saja sudah menyesatkan masyarakat, apalagi saat ini kita tengah menghadapi pandemi Covid-19.

Menurutnya, persatuan antara semua komponen sangat dibutuhkan agar dapat keluar dari pandemi ini. “Jadi saya harap rekan-rekan seniman juga bisa meluruskan banyak informasi menyesatkan di dunia maya. Agar masyarakat kita juga teredukasi,” pintanya.

Mengenai rencana yang dijelaskan oleh Ny. Putri Koster, para seniman sepakat mengapresiasi dan menyatakan kesediaan menginformasikan program-program pemerintah kepada masyarakat.

Menurut mereka, mengedukasi masyarakat dan menyajikan informasi faktual juga merupakan tanggung jawab moral mereka kepada masyarakat.

Selain itu juga ia menyinggung tentang HAKI kepda para seniman bondres untuk meindungi hasil karya mereka.

“Pemerintah telah berupaya dengan serius untuk terus meindungi hak dan kepentingan para seniman kita. Ke depan, kita tentu bisa bersama-sama berusaha, agar hasil karya rekan-rekan tetap terlindungi dengan bersama-sama memperjuangkan HAKI,” tandasnya. (roh)


Related Stories