Selamatkan Pantai dan Pesisir Pulau Bali, Ribuan Pohon Mangrove Ditanam

Upaya melestarikan menjaga ekosistem pantai dan pesisir dilakukan Yayasan Astra Honda Motor (AHM) melakukan penanaman 8000 Mangrove di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai Desa Pesanggaran (AHM)

Denpasar, Balinesia.id – Sekira 8000 pohon mangrove ditanam di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai Desa Pesanggaran Denpasar sebagai upaya menjaga ekosistem pesisir dan pantai di Pulau Bali.

Upaya  melestarikan menjaga ekosistem pantai dan pesisir  dilakukan Yayasan Astra Honda Motor (AHM)  melakukan penanaman 8000 Mangrove di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai Desa Pesanggaran.

Kegiatan untuk menjaga pelestarian ekosistem pantai dan pesisir Tangjung Benoa, serta wujud dalam mengurangi dampak abrasi dan sedimentasi pantai. Kegiatan merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap kondisi ekosistem pada pesisir pantai dan lautan yang saat ini berada dalam kondisi terdegradasi. 

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin yang juga ketua Yayasan AHM mengungkapkan pohon merupakan bagian terpenting dari ekosistem alam untuk menjaga bumi dengan kelestarian hutan mangrove Hutan Rakyat (Tahura) Ngurah Rai. 

“Perusahaan ingin penanaman yang dilakukan dapat memberikan nilai tambah ekonomis kepada masyarakat di sekitar lokasi mangrove,” tuturnya.

Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, Yayasan AHM bekerjasama dengan Astra Motor Bali dan juga masyarakat dalam hal ini Sahabat Mangroveranger Indonesia melakukan beragam aktivitas bagi lingkungan.

Penanaman pohon ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya sebagai obyek pariwisata maupun hasil budidaya, menjaga kelestarian mangrove, meningkat jumlah oksigen dan mencegah / mengurangi abrasi laut.

“AHM secara berkesinambungan melakukan penanaman pohon dan perawatan untuk menjaga ekosistem darat dan laut untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitar,” ungkap Ahmad Muhibbudin dalam keterangan tertulis. 

Dijelaskan, buah dari pohon mangrove ini pun dapat dimanfaatkan untuk menjadi kreasi panganan lokal sebagai salah satu pendapatan masyarakat seperti kerupuk dan sirup. 

Keberadaan mangrove mampu meningkatkan penghasilan masyarakat di sektor pariwisata dan menambah pendapatan nelayan di sekitar kawasan hutan mangrove. 

Region Head Astra Motor Bali Yohanes Kurniawan me , Mendukung Program Sinergi Bagi Negeri, melalui kegiatan positif ini berdampak baik bagi masyarakat baik dari segi kesehatan dan ekonomi. Hal ini dikarenakan lebih banyak pohon yang tumbuh, maka makin banyak juga udara bersih yang dapat dihirup, selain itu ekosistem baru juga akan terbentuk disekitar pohon-pohon tersebut. ***

Bagikan

Related Stories