RSUP Sanglah Rawat Pasien Terlantar

RSUP Sanglah Denpasar

Denpasar, Balinesia.id – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar terkonfirmasi merawat seorang pasien terlantar. Pasien berjenis kelamin laki-laki tersebut dirawat sejak Selasa (13/4/2021) malam.

Kasubag Humas RSUP Sanglah Denpasar, Dewa Ketut Kresna, Kamis (22/4/2021) mengatakan bahwa pasien tersebut awalnya diantar oleh BPBD Denpasar sekitar pukul 20.00 WITA. Pasien tersebut ditemukan tergeletak di sekitar Pertokoan Jalan Hasanudin, Denpasar.

“Pasien kami rawat sejak tanggal 13 April 2021, yang kami terima dalam kondisi tanpa keluarga. Pasien ditemukan tergeletak di sekitar Pertokoan di Jalan Hasanudin Denpasar dan  dikirim oleh BPBD Denpasar ke IGD RSUP Sanglah pada pukul 20.00WITA,” katanya.

Saat ditemukan pasien dalam kondisi mengalami patah tulang pada lengan kiri dan mengalami penurunan kesadaran. “Saat ini pasien tengah dirawat oleh ahli neurologi, orthopedi, dan psikiatri. Kondisi belum stabil dan belum bisa diajak berkomunikasi,” terangnya.

Ketika dibawa ke rumah sakit pasien mengenakan kaos polo berbahan lakos berwarna orange. Pasien memiliki tinggi badan sekitar 170 cm, berat badan 60 kg, rambut ikal/kriting, dengan kulit berwarna gelap.

“Perawakan pasien kurus dan berkumis. Saat dibawa ke rumah sakit tidak membawa identitas,” katanya berharap ada keluarga pasien yang mengenali pasien tersebut.

Ia menambahkan, jika nantinya tidak ada keluarga yang mengenali pasien, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Bali sebagaimana mekanisme yang biasa ditempuh dalam hal penanganan pasien terlantar.

“Kami tetap menangani pasien secara profesional meski yang bersangkutan sementara tergolong terlantar,” tandas Dewa Kresna. jpd


Related Stories