Feature
Rekomendasi Makanan Viral Karya TikToker Gen Z: Dimsum Jinji hingga Ayam Bawang Putih Itsfrydays
JAKARTA - Industri makanan dan minuman kini semakin menunjukkan pertumbuhan yang pesat. Pelaku di sektor ini pun ikut berkembang, termasuk generasi Z yang dikenal gemar mencoba hal-hal baru dalam hidup mereka.
Kini, Gen Z tidak hanya berperan sebagai konsumen setia, tetapi juga menjadi motor penggerak utama dalam industri F&B. Tumbuh di tengah kemajuan digital dan dinamika tren yang cepat berubah, generasi ini tak hanya menggemari kuliner yang unik, tetapi juga piawai dalam menangkap peluang bisnis.
"Viral" adalah kata-kata yang digunakan di sosial media sebagai magnet yang menarik konsumen hadir. Para konten kreator tidak hanya sukses menghibur di dunia maya, tapi juga merambah ke dunia bisnis dengan menciptakan brand makanan mereka sendiri.
- BRI Tegaskan Sikap Zero Tolerance terhadap Fraud di Internal Perusahaan
- BRI Masuk Forbes Global 2000 Tahun 2025, Jadi Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia!
- Cara Cek Pengumuman Kelulusan PPPK 2024 Tahap 2 Lewat SSCASN
Berikut ini ada 5 rekomendasi brand makanan viral yang wajib kamu coba :
@itsfrydays – Ayam Goreng Bawang Putih

TikToker @itsfrydays mempopulerkan menu ayam goreng bawang putih yang juicy dan gurih, lengkap dengan saus spicy garlic butter. Produk ini tersedia melalui sistem pre-order di platform e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee dibanderol mulai harga Rp99.000 dengan kemasan vakum.
Di awal kemunculannya di 2024, karena viral jagat maya TikTok langsung diserbu tren memasak ayam goreng bawang putih dengan resep @itsfrydays. Saat ini itsfrydays mengembangkan produknya mulai dari dimsum moncrot hingga udang goreng bawang putih.
Farida Zulfa – Tahu Huha

Farida Zulfa mengembangkan Tahu Huha, tahu goreng renyah yang tersedia di toko offline di Mall Gandaria City dan juga melalui layanan GoFood. Dengan harga terjangkau yaitu Rp10.000 satuan atau Rp27.500 per pack (isi 3 pcs).
Selain Tahu Huha, Toko Farida Zulfa juga punya menu lainnya yang tak kalah enak, seperti tongkol sambal, tahu yakiniku, dan tahu badas. Tahu Huha jadi pilihan cemilan pas di segala suasana. produk ini menjadi pilihan camilan yang digemari.
Shadira – Jinji Dimsum

Shadira memperkenalkan Jinji Dimsum, dimsum dengan sentuhan saus bolognese creamy yang unik. Produk ini tersedia dalam berbagai ukuran dan dapat dipesan melalui WhatsApp, dengan opsi frozen untuk pengiriman luar kota.
Mulai dari Rp42.000, konsumen sudah bisa menikmati ukuran small, sedangkan untuk acara keluarga besar, ada pilihan ukuran XLarge seharga Rp250.000.
Maudy – Cimood

Maudy, seorang konten kreator mukbang, meluncurkan merek Cimood yang menawarkan bakso keju mozzarella. Produk ini dapat dipesan melalui bio Instagram @maudyyyttt, dan pesan lewat admin WhatsApp atau Shopee, memudahkan penggemar untuk menikmati camilan favorit mereka.
Di Shopee, konsumen bisa pilih berbagai varian lezat seperti Bakso Keju Mozzarella isi 4 hanya Rp58.000, Bakso isi 5-6 buah Rp48.000, dan Pentol isi 8-10 hanya Rp38.000.
Renald - Ayam Bumbu Pedas

Ayam Renald adalah brand kuliner yang didirikan oleh TikToker Gen Z, Renald Fadli, yang viral berkat sajian ayam goreng dengan bumbu khas Nusantara. Dibanderol mulai harga Rp30.000 per porsi.
Berawal dari hobi memasak, Renald memanfaatkan popularitasnya di TikTok untuk mempromosikan menu ayam dengan berbagai varian rasa, seperti ayam goreng bawang putih, ayam balado, dan ayam woku, yang menarik perhatian banyak penggemar kuliner.
Popularitas Ayam Renald meningkat pesat pada awal 2025, terutama di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, yang menjadi lokasi favorit para food vlogger untuk mencicipi dan merekomendasikan menu tersebut.
Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 08 Jun 2025