Putri Suastini Koster: Gotong Royong Hadapi Pandemi

Putri Suastini Koster (kiri) dan Candra Tamba (kanan) (Istimewa)

Jembrana, Balinesia.id - Ketua TP PKK Provinsi bali, Ny. Putri Suastini Koster, mengajak masyarakat menumbuhkembangkan rasa peduli dan gotong royong dalam menghadapi pandemi Covid-19. Menurutnya, rasa peduli dan gotong royong penting ditumbuhkan di tengah situasi ekonomi yang sulit.

Ia menyadari, pandemi Covid-19 telah terjadi lebih dari 1,5 tahun telah berlengaruh pada berbagai sektor kehidupan manusia, baik itu budaya, sosial, kesehatan dan ekonomi. Terlebih hingga saat ini, belum ada yang dapat memastikan kapan atau ujung dari pandemi yang melanda hampir seluruh dunia ini akan berakhir.  

"Masyarakat yang masih bisa berpenghasilan ataupun masih memiliki tabungan, mari kita bantu saudara kita yang membutuhkan bantuan. Pandemi ini melatih kita sebagai  makhluk sosial untuk peduli, bergotong royong membantu orang lain. Mari kita sagilik-saguluk salunglung sabayantaka," katanya dalam Talkshow Bersama TP PKK Provinsi Bali bertema "Peran PKK Dalam Motivasi Masyarakat Bertahan Hidup di Masa  Pandemi Covid-19" di salah satu radio di Jembrana, Jumat, 27 Agustus 2021.

Ia menjelaskan, PKK sebagai mitra kerja pemerintah terus melakukan sinergitas baik dengan menyalurkan bantuan beras dan masker serta sosialisasi terkait kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Selain itu pihaknya juga menjalan program-program pokok PKK seperti HATINYA PKK yang sangat relevan diterapkan di tingkat rumah tangga dalam upaya menjaga ketahanan pangan keluarga.

"Di masa pandemi saat ini, seorang ibu  memegang peran yang sentral dan sangat kuat. Pelajari dan pahami apa yang harus kita lakukan untuk keluarga ,menjadilah kuat dan pelopor perubahan perilaku di masa pandemi. Patuhi apa yang menjadi arahan pemerintah karena tidak ada pemerintah yang ingin menyengsarakan masyarakatnya. Kekuatan seorang ibu akan mengawal keluarganya menjadi kuat dan tangguh di masa pandemi," jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana,  Ny. Candra Tamba yang turut hadir dalam talkshow tersebut menyampaikan bahwa TP PKK Jembrana selalu bersinergi dengan TP PKK Provinsi Bali dalam upaya membantu masyarakat . Tujuannya tidak lain adalah untuk menjaga ketahanan pangan serta kesehatan keluarga  baik dengan penyaluran bantuan beras, masker, serta menggalakkan program HATINYA PKK maupun program Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga  (UP2K). “Kami juga memberi perhatian terhadap gizi dari balita, lansia, serta ibu hamil di masa pandemi ini,” terangnya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories