“Pulang Kampung”, Putri Koster Ingatkan 3M

BULELENG – Pandemi Covid-19 masih belum selesai menyebar. Kesadaran setiap individu dalam menerapkan protokol kesehatan atau prokes menjadi kunci kebertahanan umat manusia melawan virus SARS-Cov-2 ini.

Terhadap penerapan prokes tersebut, Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster terus mengajak masyarakat untuk tetap menerapkan “3M”, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Teranyar, sosialisasi itu dilakukan di “kampung halaman” Gubernur Bali, Wayan Koster, di Desa Sembiran, Tejakula, Buleleng, Minggu (29/11/2020)

"3M adalah, memakai masker di manapun terutama saat berada di tengah keramaian dan sedang mengobrol (berbicara) dengan orang lain, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap saat, serta ingatlah selalu untuk menjaga jarak dengan orang lain," katanya.

Ia mengingatkan, saat ini kesadaran dan kepedulian sangat penting untuk menutup keran penyebaran virus. Dalam hal itu, generasi muda memiliki peran yang sangat sentral. Jika kalangan muda abai dengan prokes, ia justru dapat menjadi agen penyebar virus.

"Anak-anak muda yang fisiknya kuat kemungkinan lebih bagus daya tahan tubuhnya jika terinfeksi, namun akan berbahaya bagi orang-orang di rumah, orang tua yang lebih rentan. Ingat, sekarang yang banyak terjadi adalah klaster keluarga dan kita harus waspada. Lindungi orang-orang yang kita sayangi dengan disiplin prokes,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga mendistribusikan 750 paket sembako, serta 1.500 pcs masker dan sarana penunjang prokes lainnya kepada masyarakat Desa Sembiran. Hanya saja, pada kesempatan itu penyerahan hanya dilakukan secara simbolis guna menerapkan prokes.

“Pandemi ini tentu berdampak besar pada ekonomi warga, banyak yang dirumahkan, atau mungkin ada yang tidak bisa berangkat ke kapal pesiar. Untuk itu pula saya harap bantuan ini bisa tepat sasaran kepada warga yang benar-benar kurang mampu. Tugas jajaran desa untuk memastikan bantuan diterima oleh orang yang tepat," katanya.

Terhadap hal tersebut, Perbekel Desa Sembiran, Nengah Sariana, mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Provinsi Bali dan Pemerintah Provnsi Bali. Pihaknya juga tak lupa mengajak seluruh elemen masyarakat agar tetap disiplin terapkan prokes. "Saya juga mengajak warga untuk tetap mengikuti segala anjuran pemerintah sampai pandemi ini berakhir," tegasnya.

Bagikan
Bambang Susilo

Bambang Susilo

Lihat semua artikel

Related Stories