Provinsi Bali Raih 4 Penghargaan Program Bangga Kencana

Provinsi Bali menerima sejumlah penghargaan Program Bangga Kencana pada Harganas ke-30 di Palembang. (Balinesia.id/IST)

Palembang, Balinesia.id – Provinsi Bali meraih empat penghargaan di bidang Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana). Penghargaan diterima di Kota Palembang serangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023, Selasa, 4 Juli 2023.

Empat penghargaan yang berhasil diraih Provinsi Bali adalah Juara I Kabupaten Kota Terbaik Audit Kasus Stunting (Petik Aksi) I dan II tahun 2023, Juara I Kabupaten/Kota Terbaik Nasional Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA), Juara Harapan II Tenaga Lini Lapangan Kategori Kader IMP, dan Juara III Kampung Keluarga Berkualitas.

Dua dari empat penghargaan tersebut diraih oleh Kabupaten Tabanan. Kabupaten Lumbung Padi Bali itu berhasil menjadi kabupaten/kota terbaik dalam melaksanakan praktik baik audit kasus stunting di Indonesia (Petik Aksi) I dan II tahun 2023 serta menjadi yang terbaik nasional sebagai kabupaten/kota dalam Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) dengan total KB MKJP Kelompok target kurang lebih 200 akseptor. Sementara, untuk Kategori Kampung Keluarga Berkualitas diterima oleh Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tabanan, Drs. I Made Agus Harthawiguna, M. Si, mewakili Bupati Tabanan saat menerima penghargaan tersebut mengatakan bahwa kedua penghargaan yang diterima merupakan suata kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Tabanan, terutama jajaran tim percepatan penurunan stunting serta pimpinan Kabupaten Tabanan.

“Ini merupakan hasil kerjasama dari seluruh pihak terutama bagi pimpinan kami Bapak Bupati Tabanan yang telah memberikan perhatian serius atas upaya kita dalam rangka mempercepat penurunan stunting di wilayah Kabupaten tabanan,” ucapnya.

Baca Juga:

Menurutnya, penghargaan tersebut menjadi modal awal yang baik bagi pihaknya serta dapat motivasi bagi Kabupaten Tabanan dalam upaya percepatan penurunan stunting untuk meningkatkan kinerja bersama.

“Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi seluruh jajaran tidak hanya di Kabupaten Tabanan saja melainkan seluruh wilayah di Provinsi Bali sehingga kita dapat mewujudkan zero stunting Provinsi Bali,” kata dia.

Diketahui Kabupaten Tabanan memiliki inovasi andalan dalam percepatan penurunan stunting yang mulanya dicetuskan oleh Perangkat Desa Tegal Mengkeb yaitu Semara Ratih yang telah diadaptasi oleh seluruh Kabupaten Tabanan.

“Salah satu upaya dilakukan Kabupaten Tabanan yaitu Semara Ratih yang diharapkan akan diadaptasi oleh 133 desa dan tidak hanya itu bupati juga mempunyai inovasi berkantor di desa sehingga ini merupakan upaya akselerasi untuk penurunan stunting, kuncinya adalah bagaimana jajaran bisa kompak berjalan dan bekerjasama mencapai target yang ditentukan serta komitmen kuat dari pimpinan daerah kami,” katanya.

Baca Juga:

Selanjutnya, Perbekel Desa Dalung, I Gede Putu Arif Wiratya mengucapkan terima kasih kepada tim kerja perangkat desa hingga tingkat provinsi, yakni Perwakilan Badan Kependudukan dan keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bali karena telah konsisten memberikan pembinaan Kampung Keluarga Berkualitas Desa Dalung.

“Ini merupakan kerja keras dari tim jajaran perangkat Desa juga pemerintah Kabupaten Badung atas dukungan serta binaan dari Perwakilan BKKBN Provinsi Bali”, jelasnya

Ia mengtaakan, dalam mendukung Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Desa Dalung, pihaknya memiliki gerakan bertajuk “Garda” atau Gerakan Dalung

“Jadi Garda ini, Gerakan Dalung Sehat pada 1000 hari pertama kehidupan yaitu salah satu inovasi kami sebagai upaya preventif dalam percepatan penurunan stunting,” jelasnya

Di sisi lain, Direktur Bina Penggerakan Lini Lapangan, I Made Yudhistira Dwipayama selaku ketua panitia kegiatan mengatakan bahwa apresiasi penghargaan ini sebagai bentuk terima kasih dan memberikan motivasi kepada mitra kerja yang turut menyukseskan program Bangga Kencana khususnya percepatan penurunan stunting.

“Hal ini merupakan bentuk pemberian apresisasi serta memberikan semangat kepada para mitra kerja yang selama ini ikut menyukseskan program Bangga Kencana dan Penurunan Stunting,” kata dia. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories