Presiden Jokowi: Ukraina Pegang Peranan Penting dalam Rantai Pasok Pangan Dunia

Presiden Jokowi saat bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, pada Rabu, 29 Juni 2022. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Ukraina, Balinesia.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Ukraina memegang peranan penting bagi rantai pasok pangan dunia.  

Karenanya, semua usaha harus dilakukan agar Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan.

Kata Presiden Jokowi, penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut.

"Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini," tegas Presiden Jokowi saat bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, pada Rabu, 29 Juni 2022.

Terhadap konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina, Presiden Jokowi menegaskan, Indonesia pada posisi memandang pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah dan penyelesaian damai atas konflik Rusia dan Ukraina.

Kendati sangat sulit dicapai, Presiden Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

Kunjungannya ke Ukraina, kata Presiden Jokowi merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

"Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujarnya dalam pernyataan pers bersama Presiden Zelenskyy selepas pertemuan.

Pihaknya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy saat akan bertemu Presiden Putin dalam waktu dekat.

Kepala Negara menyampaikan kepedulian terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Dengan kemampuan yang ada, rakyat dan pemerintah Indonesia berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

Apresiasi disampaikan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, atas kehadiran Presiden Joko Widodo ke Ukraina.

Hal ini adalah kunjungan pemimpin negara Asia pertama ke Ukraina sejak invasi melanda Ukraina.

"Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina. Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang," ungkap Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. ***
 


Related Stories