Presiden Jokowi: Indonesia Terus Dorong Ekonomi Kreatif dalam Pemulihan Ekonomi Dunia

Presiden Joko Widodo menegaskan itu saat membuka Konferensi ke-3 Ekonomi Kreatif atau World Conference on Creative Economy (WCCE) tahun 2022 di Bali International Convention Center (BICC), Badung, Bali, pada Kamis, 6 Oktober 2022 (Biro Pers Setpres)

Badung, Balinesia.Id - Indonesia bakal mengambil peran terdepan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif inklusif hingga mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi global.

Presiden Joko Widodo menegaskan itu saat membuka Konferensi ke-3 Ekonomi Kreatif atau World Conference on Creative Economy (WCCE) tahun 2022 di Bali International Convention Center (BICC), Badung, Bali, pada Kamis, 6 Oktober 2022.

Ditegaskannya, Indonesia akan mengambil peran terdepan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif yang inklusif.

"Mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi global,” katanya menegaskan.

Mantan Wali Kota Solo itu meyakini ke depan ekonomi kreatif dapat menjadi solusi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat secara luas dan berkelanjutan

"Karena mampu mendobrak batas geografis, gender, ras, dan strata ekonomi," sambung mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Dijelaskan, ekonomi kreatif bisa menjadi pilar utama untuk mendobrak pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pertumbuhan ekonomi untuk semuanya.

Ekonomi kreatif lanjut Jokowi, akan mampu diperhitungkan sebagai kekuatan ekonomi yang inklusif, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara lain.

Karenanya, Presiden Jokowi mendorong untuk terus memacu pengembangan ekonomi kreatif agar menjadi sektor yang futuristik.

Dia mengungkapkan, pengembangan ekonomi kreatif harus terus dipacu agar menjadi sektor futuristik, tumbuh lebih cepat, lebih besar, dan maju.

Karya ekonomi kreatif saat ini mudah melampaui batas negara dengan perkembangan teknologi digital.

Selanjutnya, industri kreatif tidak lagi menjadi produk lokal yang dikonsumsi masyarakat lokal, tetapi industri kreatif dengan mudah menjadi produk global yang mudah dinikmati oleh masyarakat lintas negara.

Kata Jokowi, saat pandemi Covid-19 membatasi mobilitas manusia
Mobilitas karya ekonomi kreatif tetap mampu bergerak dan bertahan jika dibandingkan sektor lainnya. Bahkan, menurut sejumlah subsektor ekonomi kreatif mampu tumbuh secara signifikan.

Dicontohkan, aplikasi dan pengembang permainan, televisi, dan radio, bahkan tumbuh signifikan dipicu konsumsi konten yang meningkat siginifikan selama pandemi.

Pada  bagian akhir, Presiden Jokowi mengapresiasi even WWCE yang merupakan sebuah inisiatif global sebagi wahana untuk menggaungkan misi kreatif yang inklusif dengan topik pembahasan yang relevan.

Penyelenggaraan WWCE ke-3 diharapkan, dapat menghasilkan "Bali Creative Economy Roadmap for Global Recovery" untuk mengakselerasi proses pemulihan ekonomi nasional dan global.

Harapannya, World Conference on Creative Economy (WCCE) ke-3 menghasilkan Bali Creative Economy Roadmap for Global Recovery.

"Untuk mengakselerasi proses pemulihan ekonomi nasional dan global yang inklusif dan berkelanjutan,” tutupnya. **"
 

Tags WCCEBagikan

Related Stories