PLN Siap Dukung Pengembangan Kendaraan Listrik

Oscar Praditya (kiri) dan I Made Arya (kanan)

Denpasar, Balinesia.id - PLN tengah melakukan akselerasi terhadap perkembangan dari kebutuhan kendaraan listrik. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai atau KBLBB.

Hal tersebut disampaikan oleh  Manager Sub Bidang Strategi Pemasaran PLN UID Bali, Oscar Praditya, didampingi Manager Komunikasi PLN UID Bali, I Made Arya, di Denpasar, Rabu (20/01/2021).

Ia menjelaskan Peraturan Mentri ESDM No.13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik untuk Lendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. "Dengan adanya peraturan ini, PLN sedang membuat inisiasi untuk kebijakan tersebut sehingga akan mengeluarkan kebijakan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan kendaraan listrik," katanya.

Regulasi yang akan diberikan untuk menstimulus percepatan kendaraan listrik adalah pemberian keleluasaan daya bagi pelanggan yang memiliki kendaraan listrik

Menurutnya, ada beberapa upaya yang dilakukan PLN guna mendukung KBLBB. Pertama, mereka akan memberikan diskon 30 persen terhadap pengguna kendaraan listrik.

"Ketika pelanggan melakukan pengecasan kendaraan listrik pada pukul 22.00-04.00 maka PLN akan memberikan harga khusus," katanya.

Pihaknya juga akan mengadakan workshop kepada tenaga mekanik bengkel dengan bekerjasama dengan dinas terkait agar mereka dapat merubah kendaraan dari konvensional ke kendaraan listrik.

Ia menyebut, dari segi ekonomis, kendaraan listrik memiliki keuntungan dalam hal bahan bakar. "Jika menggunakan kendatraan listrik, menempuh jarak 358 km hanya menggunakan atau membeli daya sebesar Rp350 ribu saja. Dibanding dengan BBM bisa menyentuh Rp 800 ribu," katanya. (lin/jro)

Bagikan

Related Stories