“Peradah Mobile” Diharap Dapat Membantu Pendataan Umat Hindu

Tri Handoko Seto (tengah) berfoto bersama usai menerima audiensi DPN Peradah Indonesia.

Jakarta, Balinesia.id – Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI, Tri Handoko Seto mengapresiasi aplikasi rintisan Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia, “Peradah Mobile”. Aplikasi digital yang saat ini terus disempurnakan itu merupakan karya inovasi Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradah Indonesia.

Ketua Umum Peradah Indonesia, I Gede Ariawan, dalam audiensinya dengan Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI, Senin (24/5/2021) menjelaskan bahwa “Peradah Mobile” nantinya akan dioperasikan untuk pendataan para kader Peradah Indonesia yang tersebar di seluruh Nusantara. Aplikasi ini nantinya akan tersaji secara terintegrasi dan dapat dioperasikan oleh setiap orang.

“Aplikasi ini nantinya dapat diunduh di Google Play. Selain itu, juga dari data ini para kader nantinya akan kita buatkan KTA (kartu tanda anggota, red) yang berbasis perbankan, kebetulan kami sudah ada kerjasama dengan Bank BNI 46,” katanya

Kehadiran aplikasi itu pun disambut dengan apresiasi oleh Tri Handoko. Dirjen yang juga alumni Peradah Indonesia ini berharap aplikasi tersebut dapat terus dikembangkan dan dapat membantu pendataan umat Hindu di Indonesia ke depan. Pernyataan itu tampaknya mendasar, sebab seperti sempat diwacanakan bahwa data penganut Hindu di Indonesia seringkali dipertanyakan keakuratannya.

“Saya mendukung atas pengembangan aplikasi berbasis mobile ini, karena nantinya ini akan sangat membantu dalam pendataan umat Hindu secara lebih luas. Jadi, nantinya data yang sudah terkumpul di Peradah Mobile ini agar dapat di kirim ke Dirjen Bimas Hindu, sehingga ini akan menjadi database yang kuat,” katanya.

Selain membincangkan aplikasi “Peradah Mobile”, tokoh Hindu yang juga sempat menjabat sebagai Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ini juga mengingatkan pentingnya memperkuat akar organisasi. Selain bergerak, Peradah Indonesia diharapkan juga memetakan cara untuk menghidupi, minimal dalam lingkar internal organisasi.

“Terus keluarkan ide-ide kreatif guna menambah dan memberdayakan potensi-potensi kadernya di bidang kewirausahaan,” tandasnya.

Audiensi tersebut digelar sebagai rangkaian Pendidikan Kepemimpinan Nasional (Pakemnas) X Peradah Indonesia yang akan dilaksankan secara daring pada 29-30 Mei 2021. Pakemnas merupakan momentum membentuk pemuda Hindu yang siap jadi pemimpin. Acara nasional itu dijadwal akan diisi sejumlah tokoh. Tri Handoko pun menyatakan akan mengupayakan kehadirannya dalam kegiatan tersebut. jpd


Related Stories