Home Budaya Peradah Indonesia Aj...

Peradah Indonesia Ajak Pemuda Hindu Jadikan Siwaratri untuk Putus Pandemi

Redaksi - Selasa, 12 Januari 2021 pukul 17.08
I Gede Ariawan I Gede Ariawan (sumber: Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id – Umat Hindu di Indonesia melaksanakan Hari Suci Siwaratri pada Selasa (12/1/2021). Dalam suasana pandemi, hari suci yang biasanya dilakoni dengan jagra atau begadang semalam suntuk itu diarahkan menerapkan protokol kesehatan dari rumah masing-masing.

Terkait hal tersebut, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Pemuda Hindu atau DPN Peradah Indonesia, I Gede Ariawan, mengajak seluruh pemuda Hindu untuk menjadikan momentum Siwaratri sebagai ajang untuk berkontribusi memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19.

“Kita sebagai pemuda hendaknya dapat berkontribusi memutus penularan pandemi Covid-19 dengan sepenuhnya menghormati program pemerintah atau guru wisesa. Pemuda wajib turut memberi edukasi ke masyarakat terkait pandemi saat ini,” katanya saat dikonfirmasi dari Denpasar, Selasa (12/1/2021).

Atas dasar itu, Ariawan mengajak seluruh umat memperhatikan pola dalam melakoni Brata Siwaratri. Protokol kesehatan wajib dilakukan, sehingga tujuan ibadah yang baik benar-benar menghasilkan hasil  yang baik.

“Pastikan tubuh kita sehat jika ingin keluar rumah, wajib memakai masker, membawa alat ibadah sendiri, rajin mencuci tangan atau menggunakan cairan penyanitasi tangan, serta menghindari berkumpul dan berkerumun, segera pulang usai sembahyang,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam suasana pandemi seperti sekarang, umat harus mengedepankan pemaknaan dari hari suci yang dijalani dalam kehidupan. “Panduan dan sosialisasi tentang protokol kesehatan ini diadakan supaya kita tetap patuh dalam melakukan aktivitas, termasuk sembahyang, sehingga penularan Covid-19 bisa dicegah,” pungkasnya. (jro)

Tags: