Pemerintah Subsidi Rp7,6 Triliun untuk Minyak Goreng

Minyak goreng kemasan dua liter seharga Rp28.000 di pasar ritel modern Transmasrt Pluit Village (Instagram @diskondansale)

Jakarta, Balinesia.id – Pemerintah menyiapkan Rp7,6 triliun untuk mensubsidi harga minyak goreng yang terus melambung. Dana tersebut akan dikucurkan dalam enam bulan.

Dana subsidi yang dikucurkan pemerintah ditujukan untuk menambal selisih harga minyak goreng saat ini. Dana subsidi diharapkan dapat menstabilkan harga minyak gorang hingga menjadi satu harga di pasaran, yakni sebesar Rp14 ribu per liter.

Terkait kebijakan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa dana subsidi minyak goreng tersebut akan diambil dari dana abadi sawit di Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Ia mengatakan, keputusan tersebut telah diambil dalam rapat komite pengarah BPDPKS yang dipimpin dirinya. “Dalam rapat ini diputuskan bahwa untuk selisih harga minyak goreng akan diberikan dukungan pendanaan dari BPDPKS dengan harga terjangkau Rp14.000 per liter,” katanya sebagaimana dilansir dari TrenAsia.com, Kamis, 27 Januari 2022.

Baca Juga:

Airlangga menjelaskan bahwa dana tersebut juga digunakan untuk melakukan subsidi pada minyak goreng dengan berat kemasan lain yakni 2 liter, 5 liter, dan 25 liter selama kebijakan berlangsung.

Kebijakan yang telah berlaku sejak 19 Januari 2022 ini dilakukan pemerintah dalam rangka upaya untuk menghadirkan harga minyak goreng kemasan yang dapat terjangkau oleh masyarakat, khususnya bagi industri usaha mikro dan kecil (UMK) dan kebutuhan rumah tangga.

Minyak goreng dengan harga khusus ini akan disediakan pemerintah selama enam bulan dengan total sebanyak 250 juta liter yang tersedia baik di pasar ritel modern maupun pasar tradisional. Dalam implementasinya pemerintah juga akan terus melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Balinesia.id di Pasar Badung pada Selasa, 25 Januari 2022, harga minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya relatif stabil. Adapun harga minyak goreng per liter berkisar antara Rp14 ribu hingga Rp15 ribu. tren/jpd

 

Berita ini juga dapat dibaca pada kanal TrenAsia.com pada link https://www.trenasia.com/pemerintah-gelontorkan-subsidi-minyak-goreng-rp-7-6-triliun-ini-sumber-dananya

Editor: E. Ariana

Related Stories