Pasar Rakyat Pemprov Bali Sambut Idul Fitri Libatkan 40 IKM dan UKM

Pasar Rakyat Pemprov Bali Menyambut Hari Raya Nasional digelar di depan Kantor Gubernur Bali menawarkan berbagai produk pangan segar maupun olahan dibuka Ketua TP PKK dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Putri Suastini Koster

DENPASAR, Balinesia.id - Melibatkan 40 Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Pemprov Bali menggelar Pasar Rakyat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah/

Kadis Koperasi UKM Provinsi Bali I Wayan Mardiana menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan produk-produk pangan yang aman, segar dan sehat.

Selain itu, Pasar Rakyat Pemprov Bali yang berlangsung selama dua hari mulai 7 hingga 8 Mei 2021 juga bertujuan membantu para pelaku IKM/UMKM dalam memasarkan produk mereka.

Ditambahkannya, kegiatan ini menawarkan produk komoditi seperti daging telur, beras dan produk olahan pangan lainnya dengan harga di bawah harga pasaran karena yang dilibatkan adalah produsen bukan pedagang.

Melihat tingginya antusiasme pelaku IKM/UMKM dalam mengikuti kegiatan ini, pihaknya akan mempertimbangkan kemungkinan Pasar Rakyat Pemprov Bali menjadi agenda berkelanjutan.

Mengenai kendala pemasaran yang dihadapi pelaku IKM/UMKM, Dinas Koperasi UKM Provinsi Bali telah melakukan sejumlah upaya, satu diantaranya pelatihan digitalisasi pemasaran melalui marketplace.

Mengandeng sejumlah marketplace, selama periode Januari hingga Maret 2021, Diskop UKM Bali telah melatih 1.026 pelaku UMKM dan 250 di antaranya telah bergabung dalam sistem penjualan online.

“Setelah bergabung, mereka merasakan sekali manfaatnya karena jangkauan pemasaran lebih luas dan penghasilan mereka meningkat,” ucapnya.

Pasar Rakyat Pemprov Bali Menyambut Hari Raya Nasional digelar di depan Kantor Gubernur Bali menawarkan berbagai produk pangan segar maupun olahan dibuka Ketua TP PKK dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Putri Suastini Koster yang mengajak pedagang agar menggunakan tempat atau kemasan yang aman bagi kesehatan. (roh)


Related Stories