Pasar Murah Dukung Pelaku UMKM dan Bantu Warga Jelang Hari Raya Galungan

Denpasar, Balinesia.id - Menjelang datangnya Hari Raya Galungan dan Kuningan yang biasanya terjadi gejolak harga digelar pasar murah di Kota Denpasar untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dan memberi dukungan bagi pelaku UMKM.

Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan kegiatan ini rutin diadakan setiap menjelang Hari Raya Galungan guna menjaga stabilitas harga di pasaran.

Meskipun dalam keadaan pandemi, pihaknya tetap mengadakan kegiatan Pasar Murah Galungan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hari raya, namun pelaksanaanya dengan tetap berpegang pada protokol kesehatan.

"Kegiatan ini kami laksanakan guna memberi semangat kepada pelaku UMKM di masa pandemi, meskipun kemungkinan daya beli masyarakat berkurang, tetapi dengan adanya pasar murah ini dapat membantu kebutuhan sembako dan keperluan upakara dengan harga yang lebih murah,"  ujarnya Selasa (6/4/2021).

Pihaknya berharap adanya kegiatan ini perekonomian mulai menggeliati. Ia terus mendorong pelaku usaha untuk tetap bersemangat di tengah pandemi. Dalam kegiatan ini akan dilakukan evaluasi dan melihat respon masyarakat kedepan.

"Kami berharap para pelaku usaha terus bersemangat. Evaluasi akan kami lakukan dan tidak menutup kemungkinan jika akan dilaksanakan kembali," ujarnya.

Meskipun kemungkinan daya beli masyarakat berkurang, tetapi dengan adanya pasar murah ini dapat membantu kebutuhan sembako dan keperluan upakara dengan harga yang lebih murah,"  ujarnya.

Wibawa menyatakan itu saat mendampingi Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Suastini Koster meninjau pasar murah menjelang hari suci Galungan di Jalan Nusa Kambangan Denpasar.

Putri Koster mengapresiasi langkah yang dilaksanakan Pemkot Denpasar bersama TP PKK Kota Denpasar dengan menggandeng salah satu gerai ternama dalam penyelenggaraan pasar murah.

Pasar murah sekiranya dapat memecah kerumunan yang terjadi di pasar rakyat dan juga dapat membantu masyarakat untuk berbelanja lebih murah di masa pandemic seperti sekarang ini.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Denpasar Antari Jaya Negara mengatakan, pasar murah atau pasar gotong royong ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap menyambut hari Raya Galungan maupun Kuningan.

Kegiatan ini untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga yang sering terjadi setiap menjelang Hari Raya Galungan. Selain itu, kegiatan ini juga untuk membantu memasarkan hasil panen para petani dan produk UMKM Denpasar.

Puluhan pelaku usaha serta komunitas binaan PKK Kota Denpasar terlibat dalam kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari terhitung dari tanggal 6-7 April 2021. (roh)


Related Stories