Malas Berangkat Kerja? 4 Hal Ini Bisa Jadi Alasannya

Malas Berangkat Kerja? 4 Hal Ini Bisa Jadi Alasannya (Freepik)

JAKARTA - Pernahkah Anda bangun pagi dan merasa tidak semangat untuk berangkat kerja? Namun, mungkin Anda mau tidak mau tetap berangkat bekerja karena membutuhkan uang.

Tidak dapat dipungkiri, setiap orang tentu memiliki hari saat mereka tidak ingin bangun pagi dan menghadapi hari tersebut termasuk dengan pergi bekerja. Perjalanan ke kantor tampak seperti beban, apalagi saat melihat atasan Anda.

Jika Anda merasa seperti ini, kemungkinan masalahnya jauh lebih besar dan membutuhkan solusi dengan segera. Anda harus mencari tahu masalah intinya agar Anda mampu menangani masalah yang mendasarinya dan bukan hanya gejalanya.

Berikut beberapa alasan yang memicu Anda jadi malas untuk pergi bekerja.

Penyebab Anda Malas Berangkat ke Tempat Kerja

1. Lingkungan Kerja Tidak Kondusif

Mungkin Anda tidak ingin berangkat kerja karena ada orang yang toksik. Bisa jadi, Anda mungkin benci bepergian karena harus melewati perjalanan yang melelahkan. Anda mungkin juga merasa kehidupan di kantor bukan untuk Anda. Semua hal tersebut memang dapat menciptakan sensasi pekerjaan yang terasa menakutkan.

Seperti yang dilansir dari Psychology Today, dalam sebuah laporan dari Global Workplace Analytics, ada 77% pekerja yang disurvei menyukai bekerja secara fleksibel dari rumah dan 69% puas dengan kondisi mereka. Bahkan 76% orang ingin terus bekerja dari rumah setelah pandemi berakhir.

Namun, jika Anda berada di 24% orang yang tidak ingin terus bekerja dari rumah, kepuasan bekerja Anda mungkin dapat pulih begitu Anda berada di sekitar manusia yang sebenarnya.

2. Anda Tidak Ingin Pergi Bekerja Karena Kehidupan Rumah yang Terasa Sulit

Fakta yang terkenal bagi kalangan HRD adalah kehidupan pribadi dapat memengaruhi kinerja saat bekerja dan memengaruhi kepuasan kerja. Jika stres dan kehidupan pribadi Anda membuat Anda sulit untuk fokus dan menikmati pekerjaan, Anda bisa mencoba berdiskusi dengan atasan Anda, jangan terlalu sering berbagi cerita, set batasan secara digital, luangkan waktu, dan dapatkan kebutuhan yang diperlukan oleh emosi Anda.

3. Anda Tidak Ingin Bekerja Karena Masalah Kesehatan 

Ketika Anda tidak memiliki energi, maka Anda akan kesulitan saat bekerja. Kesehatan Anda sangat penting untuk menjaga kinerja di tempat kerja. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperoleh istirahat yang cukup, konsumsi makanan sehat, dan berolahraga secara teratur.

4. Anda Menormalisasi Bahwa Semua Orang Wajar Membenci Pekerjaannya

Saat ini Anda tentu sering menjumpai keluhan-keluhan baik di media sosial atau dari teman-teman Anda soal pekerjaan yang mereka lakukan. Namun ternyata meski mereka mengeluh, bukan berarti semua orang benar-benar membenci pekerjaannya.

Tidak dapat dipungkiri, menceritakan keluhan soal pekerjaan memang dapat menjadi pereda stres. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat jurnal dan melakukan sedikit eksplorasi terhadap apa yang Anda rasakan.

Itu tadi beberapa hal yang membuat Anda malas bangun pagi untuk segera berangkat bekerja. Apakah Anda masih mengalaminya sampai sekarang?

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories