Lembah Sungai Oya Yogya Simpan Enam Spot Wisata Keren

Pesona Kedungjati yang berada di Desa Selopamioro ini menawarkan keindahan alami. Tempat wisata di Jogja ini kerap menjadi lokasi berenang anak-anak muda. Spotnya alamnya juga bagus banget, dengan adanya satu pohon besar dan latar belakang pemandangan alam (jogja.aja.com)

Bantul, Balinesia.id– Sungai Oya, di Desa Sriharjo dan Selopamioro, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyimpan keindahan alam  sangat cocok didatangi wisatawan setidaknya ada enam spot wistaa keren yang sayang jika dilewatkan.

Spot-spot wisata yang bisa dikunjungi di sepanjang Sungai Oya ini. Dengan keindahan alam dan udara yang segar, bisa dipilih terutama bagi yang suka berswafoto bersama keluarga maupun teman-teman.

Berikut ini spot-spot wisata di area Desa Sriharjo dan Selopamioro yang bisa dikunjungi sebagaimana dirangkum Jogjaaja.com, jejaring Balinesia.id:

1. Jembatan Gantung Pengkol

Jembatan gantung pengkol ini baru selesai dibangun 2020 lalu. Jembatan ini menjadi penghubung Dusun Pengkol, Desa Sriharjo dengan Dusun Lanteng, Desa Selopamioro. Kedua wilayah ini masih berada di Kecamatan Imogiri. Tak sekadar menjadi penghubung, tempat wisata di Jogja ini juga menjadi spot favorit bagi para pesepeda untuk berfoto. 

2. Bukit Sriharjo

Bukit Sriharjo berada di Desa Wisata Srikeminut. Pada spot Bukit Siharjo ini terdapat sawah berupa terasering yang dikelilingi pepohonan dan tulisan ‘Sriharjo’ di tengah-tengahnya. Biasanya tempat wisata di Jogja yang satu ini menjadi spot foto bagi para pengunjung. Selain berfoto, kamu juga bisa belajar bertani dengan teknik modern yang didampingi oleh pengelola atau warga setempat.

3. Ngepohsari

Masih di Desa Wisata Srikeminut, terdapat spot wisata Ngepohsari yang menawarkan sepeda air dan padusan banyu bening. Di sini, kamu bisa bermain air atau dikenal dengan istilah ciblon, berenang, dan tentu saja bermain sepeda air. Tempat wisata di Jogja ini memang dirancang ramah keluarga dan cocok menjadi lokasi bermain bagi anak-anak. Bahkan, anak-anak bisa diajak naik perosotan, menaiki perahu, dan foto di bebatuan yang berwarna putih. 

4. Jembatan Kedungjati

Jembatan Kedungjati merupakan pengganti jembatan gantung sebelumnya yang hanyut diterjang siklon badai Cempaka pada tahun 2017. Selain menjadi penghubung Desa Sriharjo dan Desa Selopamioro, Jembatan Kedungjati juga menjadi tempat wisata di Jogja bagi kaum muda maupun keluarga untuk nongkrong atau bersantai sembari menikmati pemandangan yang asri.

5. Selopamioro Adventure Park

Wahana wisata di Jogja, Selopamioro Adventure Park yang layak kamu coba salah satunya adalah wisata rafting Sungai Oya. Kamu bisa menjajal sensasi melakukan rafting dengan menggunakan perahu karet. Untuk mencoba wahana ini, kamu bisa memilih 3 jenis rafting yaitu short, medium, dan long. 

6. Pesona Kedungjati

Pesona Kedungjati yang berada di Desa Selopamioro ini menawarkan keindahan alami. Tempat wisata di Jogja ini kerap menjadi lokasi berenang anak-anak muda. Spotnya alamnya juga bagus banget, dengan adanya satu pohon besar dan latar belakang pemandangan alam. 

Nah, buat kamu yang penasaran dengan keindahan alam di Lembah Sungai Oya, cobain datang ke sini. Nikmati segarnya udara dan beningnya air sungai. Tapi ingat, air sungai sangat bening saat kemarau. Yuk, kita nikmati pemandangan alam yang menyegarkan. (*/roh)

 

Tulisan ini telah tayang di jogjaaja.com oleh Tyo S pada 16 Oct 2021 

Editor: Rohmat
Bagikan

Related Stories