Lahirkan Berbagai Inovasi Kependudukan, Dalung Masuk 10 Besar Kampung KB Terbaik Nasional

Verifikasi Kampung KB Terbaik Nasional tahun 2023 di Kampung KB Dalung, Badung, Bali. (Balinesia.id/IST)

Badung, Balinesia.id – Berbagai inovasi yang dilakukan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Desa Dalung di Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung membuahkan hasil. Serangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023, Kampung KB Dalung terpilih sebagai 10 Kampung KB terbaik nasional. Verifikasi terhadap capaian itu pun telah dilakukan pada Selasa, 23 Mei 2023 lalu oleh tim seleksi nasional. 

Kepala Desa Dalung, I Gede Putu Arif Wiratya pada Selasa, 23 Mei 2023, mengatakan keberhasilan Kampung KB Dalung masuk sebagai 10 besar Kampung KB terbaik tingkat nasional tidak terlepas dari beragam inovasi yang dilakukan pihaknya. Ia mengatakan Desa Dalung tergolong daerah dengan berpenduduk padat dan beranekaragam, sehingga dibentuklah Kampung KB di desa tersebut.

Baca Juga:

Selama berjalan, pihaknya mencoba membuat sejumlah program inovasi, seperti membentuk kelompok ketahanan pangan untuk meningkatkan ketahanan pangan, mewujudkan program layanan sertifikat jemput di tempat yang bekerja sama dengan BPN Kabupaten Badung, bekerja sama dengan Dinas Dukcapil terkait penertiban KK baru, akta lahir, akta kawin, dan akta kematian sebagai wujud implementasi Dalung Smart Village.

“Untuk meningkatkan ekonomi keluarga dan usaha kerajinan tangan dengan bahan baku kulit dan ecoprint, serta pembuatan minuman dengan serbuk jahe, dan membentuk Kelompok Dashat (Dapur Sehat) mengatasi stunting dalam rangka pencegahan stunting di Desa Dalung dengan membuat menu misayo, nagle, dan bunale,” terangnya.

Baca Juga:

Program Dashat, lanjutnya, menggunakan bahan-bahan diambil dari kelompok ketahanan pangan Desa Dalung untuk diolah kemudian diserahkan ke Posyandu untuk asulan gizi bagi Balita dan sebagian dijual. “Kita punya UMKM yang sangat mendukung. Ada juga kader Dashat yang sangat antusias,” tambahnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Ni Luh Sukardiasih mengatakan bahwa Kampung KB Desa Dalung memang pantas masuk nominasi tingkat nasional karena implementasi miniatur pembangunan nasional di desa yang merupakan filosofi Kampung KB nampak nyata di desa tersebut.

“Komitmen pimpinan, SDM, dan sarana prasarana yang lengkap, serta peran serta masyarakat sangat bagus. Kolaborasi, konvergensi, dan sinergitas semua lintas sektor dan masyarakat dalam pembangunan masyarakat Desa Dalung sudah berjalan dengan baik. Peluang untuk menjadi tiga besar saya optimis masuk nominasi,” katanya.

Baca Juga:

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi 10 Besar Kampung KB Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023, H Nofrizal, mengatakan bahwa seleksi untuk menentukan 10 Kampung KB terbaik tingkat nasional telah dilakukan dari tingkat bawah. Adapun Kampung KB Dalung sebelumnya telah berhasil meraih menjadi Kampung KB terbaik tingkat Provinsi Bali.

“Kami kemudian melakukan seleksi berkas melalui website Kampung Keluarga Berkualitas yang dilakukan kepada 30 provinsi, maka ditetapkan sepuluh besar Kampung Keluarga Berkualitas terbaik tingkat nasional, dan sekarang kami turun untuk melihat langsung dan berdialog untuk mencocokan datanya,” terangnya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories